Semarak HUT ke-1 MPP Kota Metro

0
81

Gerbang1news.com, Metro – Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Metro Rayakan HUT yang pertama yang diadakan di Halaman Gedung Sesat/Mol Pelayanan Publik (MPP) pada hari Selasa (05/11/2023).

Dalam HUT yang pertama ini, MPP Kota Metro lakukan Launching Nomor WhatsApp JDIH bagian hukum, oleh Bagian hukum Setda Metro.

Dimana nanti, masyarakat bisa menghubungi no tersebut jika ada masalah hukum yang dihadapi dikemudian hari.

Dikatakan Suprihati, bagian hukum Daerah Kota Metro mengatakan, jadi terkait dengan layanan Pemerintah Kota Metro saat ini Pemerintah Kota Metro sudah memiliki portal layanan yang dapat diunduh melalui aplikasi Play Store.

Mungkin kalau kita membuka dari “aplikasi Metro Kita” nah ketika itu kita buka di situ akan ada seluruh layanan pemerintah Kota Metro yang sudah terintegrasi, mungkin kalau yang punya HP bisa langsung di download.

Jadi di sini dalam layanan pemerintah Kota Metro itu sudah ada Portal Kota Metro dukcapil dalam genggaman Metro termasuk mall pelayanan publik

Lanjutnya, itu sudah lengkap termasuk layanan rumah sakit. Jadi misalnya masyarakat mau daftar ke Rumah Sakit itu bisa melalui handphone.

Nah di sini juga sudah ada yang namanya JDIH atau jaringan dokumentasi dan informasi hukum, dan itu juga bisa diunggah diunduh langsung melalui playstore jadi bisa dibuka melalui Metro kita dan bisa diunduh langsung melalui playstore.

Apa itu JDIH, jadi JDIH itu berisi produk-produk hukum yang dikeluarkan oleh pemerintah kota metro termasuk ada layanan konsultasi hukum.

Jadi kalau misalkan masyarakat ada yang ingin ditanyakan baik itu terkait hukum perkawinan, terkait hukum tata negara, hukum perdata dan hukum pidana bisa melalui layanan di jaringan dokumentasi dan informasi hukum.

Jadi kami punya tim yang akan menjawab konsultasi hukum melalui aplikasi JDIH atau bisa kami melayani konsultasi secara offline di kantor kami terbuka setiap hari.

Selain itu kamu juga ada namanya perpustakaan khusus bagian hukum. Jadi perpustakaan khusus itu bisa juga dibuka melalui ini jadi melalui aplikasi JDIH atau datang langsung kami punya perpustakaan khusus hukum yang berada di lantai 2 sekretariat daerah di samping ruang bagian hukum, jadi bisa juga dibuka melalui aplikasi yang ada di Metro kita.

Kami juga mempunyai nomor whatsApp khusus untuk jaringan dokumentasi dan informasi hukum di mana nanti update-update berita hukum kita akan unggah melalui history WhatsApp jadi di sini nomor WhatsApp hukum mungkin bisa dicatat nomor whatsApp milik JDIH Kota Metro di : 08 53 7944 9787 nomor ini juga mungkin bisa didapat di aplikasi JDIH.

Sementara itu, dikatakan Kepala Dinas Perizinan Kota Metro, Deny Sanjaya disambutannya menerangkan, kegiatan HUT MPP Kota Metro yang pertama yang dilaksanakan pada hari ini merupakan kegiatan hasil gotong royong dan kolaborasi dari berbagai kegiatan organisasi, pemerintah daerah yang didukung oleh instansi lembaga vertikal BUMN dan BUMN BUMD serta pihak swasta yang tergabung yang di dalam mall pelayanan publik serta pelaku usaha di Kota Metro

“Kegiatan yang turut bergabung meramaikan dan mensukseskan hut MPP Kota Metro diantaranya yang pertama akan diadakan launching nomor whatsApp yang dilakukan oleh bagian hukum Metro,” ujarnya.

Yang kedua kegiatan agro ceria dari dinas ketahanan pangan pertanian dan perikanan.

Kemudian ada kegiatan Pasar Murah oleh Dinas Perdagangan kegiatan bazar UMKM dari dinas koperasi usaha mikro kecil usaha menengah dan perindustrian kemudian tadi yang dari awal telah dilaksanakan senam bersama masyarakat kota metro.

Kemudian ada kegiatan nanti, Metro melayani MPP Kota Metro. Kemudian ada stand pelayanan dari KPP Pratama Kota Metro.

Kemudian stand pameran asosiasi atau pameran properti oleh Rey Lampung. Kemudian ada pemeriksaan kesehatan gratis oleh Dinas Kesehatan

Kemudian ada pemeriksaan kesehatan gratis dari pihak kimia Farma. Kemudian pemeriksaan kegiatan donor darah oleh PMI Kota Metro.

Stand pameran Mitsubishi oleh lautan berlian motor kemudian stand pameran Yamaha lautan teduh setelah pameran Honda tunas FIFA Sumatera.

Sementara itu, Wakil Walikota Metro di sambutannya juga memaparkan, ada kurang lebih 269 pelayanan perizinan yang bisa dilakukan di gedung yang sangat megah ini.

Mol pelayanan publik ini adalah contoh sebuah kota, itu kalau diurus dengan baik pimpinannya serius insya Allah mall ini akan menjadi fenomena untuk Kota Metro kedepan.

Dengan seluruh jajaran Saya minta serius lagi serius lagi dan tetap semangat. Sebab kota ini 2 tahun terakhir ini menurut pemahaman masyarakat sudah begitu hadirnya sebuah pelayanan ini menunjukkan energi baru untuk kota metro untuk menjemput masa depan Kota Metro yang bermartabat dan terhormat.

Oleh karena itu saya minta ada tiga hal :

Pertama : Dalam memberikan pelayanan yang hebat untuk masa depan ini pertama fokus bahwa Kota Metro dalam bentuk perizinan apapun fokus jangan ada masalah, termasuk jangan ada masalah hukum.

Saya sebagai wakil walikota merasa malu kalau dalam hal pelayanan perizinan ada masalah yang mengikut.

Kedua : di samping fokus cermat apa sih yang dibutuhkan oleh Kota Metro ini di dalam prospek ke depan. Kenapa kalau tidak cukup oleh hadirnya semua masyarakat yang punya keinginan besar membesarkan Kota Metro ini.

Maka Kota Metro nanti pada saatnya akan sepi tapi kalau semuanya didukung oleh masyarakat termasuk dunia usaha insya Allah Kota Metro ini akan semakin luar biasa.

Ketiga : bahwa mau tidak mau seluruh pelayanan harus memakai digital. Lakukan ini dengan baik tunjukkan SDM yang berkelas yang betul-betul siap untuk menangkap masa depan Kota Metro ini.

Dengan satu tahun yang begitu sudah melayani masyarakat pengguna pelayanan perizinan Saya yakin untuk tahun kedua 2024 akan lebih hebat lagi.

Bagi masyarakat yang akan keluar negeri akan umroh akan Haji nggak usah jauh-jauh ke Bandar Lampung Haji kita 391 orang umpama besok bisa dilayani di Metro alangkah hebatnya Metro.

Oleh karena itu, saya dan Pak Walikota sangat mendorong nanti 2024 akan hadir pelayanan paspor di kota Metro bekerjasama dengan bagian imigrasi.

Ia pun menyampaikan, bila ada Karyawan kami dari MPP yang kurang baik di dalam melayani masyarakat di dalam melayani perizinan segera komunikasi kan yang baik.

Dalam acara ini juga telah diberikan penghargaan kepada 7 Perusahaan dan OPD diantaranya :

1. Dinas Kesehatan

2. Dinas BPPRD

3. Taspen

4. Yayasan Yakum

5. PT. Daya Indah Yasa

6. CV. Metro Visual Perkasa

7. Real Estate Indonesia

Acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah dan meninjau pelayanan oleh Wakil Walikota Metro.(rl)

LEAVE A REPLY