Optimis Dewan Guru SMKN 1 Metro Kuatkan Karakter Pendidikan Anak Didik

0
72
Kepala SMK Negeri 1 Metro, Dwi Widyaningsih./Ist

Gerbang1news.com, Metro – Dewan guru sekolah menengah kejuruan (SMK) Negeri 1 Metro, optimis menguatkan karakter pendidikan nasional kepada perserta didiknya.

Dikatakan Kepala SMK Negeri 1 Metro, Dwi Widyaningsih mengatakan pendidikan berkater bertujuan untuk membentuk krakter pokok yang baik dalam pendidikan kepada anak didik. Seperti dalam Perpres nomor 87 tahun 2017 tentang penguatan karakter.

“Makanya dewan guru disini fokus untuk menguatkan karakter didik kami,” kata Wiwik, sapaan akrabnya, Minggu (2/5/2021).

Menurutnya, pendidikan karakter sangat penting untuk membentuk karakter murid agar dapat bermoral dan bersopan santun dalam lingkungannya.

“Bila karakter anak didik kita tidak di bentuk, dapat merugikan lingkungandan merugikan anak itu sendiri. Oleh karena itu, karakter anak perlu ditanamkan sliding mungkin agar anak-anak bisa menghindari hal-hal negatif atau pergaulan yang salah. Atas dasar itulah, diperlukan pendidikan karakter pada sisiwa. Hal tersebut sesuai Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 3 tentang mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa,” jelasnya.

Kepsek menambahkan, pendidikan karakater harus dibentuk sedini mungkin agar membawa dampak positif kepada masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

“Nantinya mereka dapat memberikan konstribusi yang positif dalam lingkungannya. Mengingat pentingnya pendidikan karakter pada setiap individu. Maka diperlukan kepedulian oleh berbagai pihak, baik oleh pemerintah, masyarakat, keluarga, serta lingkungan,” pungkasnya.(Mam)

LEAVE A REPLY