Dewan Guru SMA Negeri 5 Metro Kuatkan Karakter Pendidikan Nasional

0
135
Kepala SMA Negeri 5 Metro, Suparni Hadi, S.Pd./Imam

Gerbang1news.com, Metro – Penguatan karakter peserta didik menjadi salah satu program prioritas Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Metro. Tujuannya sebagai pondasi dan ruh utama peserta didik dalam pendidikan.

Hal tersebut, sebagaimana tercantum dalam Perpres Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Kepala SMA Negeri 5 Metro, Suparni Hadi, S.Pd, mengatakan dengan pembentukan karakter peserta didik,mampu bersaing, bermoral, bersopan-santun dan berinteraksi dengan masyarakat.

Menirit dia, tanpa karakter seseorang dapat dengan mudah melakukan perbuatan yang dapat merugikan orang lain, bahkan dirinya sendiri.

“Oleh karena itu, karakter perlu ditanamkan khususnya kepada siswa, agar ia dapat mengelola dirinya sehingga perlu menghindari hal-hal yang negatif. Atas dasar itulah, diperlukan pendidikan karakter pada sisiwa. Hal tersebut, sesuai Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 3, tentang mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa,” kata Suparni, yang juga Ketua MKKS-SMA Kota Metro, Senin (29/3/2021).

Suparni menambahkan, pendidikan karakter adalah sebuah usaha untuk mendidik anak-anak agar dapat mengambil keputusan dengan bijak dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Sehingga mereka dapat memberikan konstribusi yang positif dalam lingkungannya. Mengingat pentingnya pendidikan karakter pada setiap individu, maka diperlukan kepedulian oleh berbagai pihak, baik oleh pemerintah, masyarakat, keluarga, lingkungan sekolah,” tutup Suparni.(Mam)

LEAVE A REPLY