Panwascam Sukadana Lantik 133 PTPS

0
375
Pelantikan 133 orang PTPS Panwascam Sukadana./Ist

Gerbang1news.com, Lampung Timur – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Sukadana Kabupaten Lampung Timur melantik 133 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

Pelantikan PTPS pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lampung Timur Tahun 2020 itu resmi dilantik Ketua Panwascam Jiman Suwanto Edy di Balai Desa Pasar Sukadana, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Bima, Senin (16/11/2020).

Dalam sambutannya, Jiman Suwanto Edy mengatakan pelantikan PTPS dilakukan berdasarkan surat keputusan Panwascam Sukadana No: 04/K.LA.04.01/HK.01.01/XI/2020 tentang Penetapan PTPS se-Kecamatam Sukadana tahun 2020.

Jiman menegaskan, sebagai Pengawas TPS harus tetap netral karena PTPS adalah bagian dari penyelenggara pemilihan yang harus tetap menjaga netralitas.

“Untuk diketahui, Pengawas TPS adalah ujung tombak pengawasan yang akan mengawasi setiap tahapan penyelenggaraan di tingkat TPS baik sebelum hari H maupun saat hari H,” kata dia.

Jiman menyampaikan selamat kepada PTPS yang telah dilantik dan mengingatkan agar amanah tugas yang diberikan dapat dijalankan dengan baik dan penuh tanggung jawab.

“Selamat kepada rekan-rekan PTPS yang telah dilantik, semoga amanah dalam menjalankan tugas,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Kordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Panwascam Sukadana, Yuki Akbar menyampaikan, saat ini tugas penyelenggara pemilu semakin berat dan penuh tantangan karena selain melakukan pengawasan juga dihadapkan dengan pandemi Covid-19.

“Tugas pengawas di tengah pandemi semakin berat selain mengawasi tahapan dan juga menjaga protokol Covid-19. Pangawas adalah ujung tombak Bawaslu karena keberadaan PTPS adalah hal yang paling peting dan vital dalam pengawasan proses pemiliha pada 9 Desember 2020 nanti,” katanya.

Yuki berharap dalam menjalankan tugas sebagai PTPS dapat dijalankan dengan baik serta menjaga netralitas dan integritas sehingga proses pengawasan berjalan dengan baik dan tercipta demokrasi yang bermatabat dan berkualitas.

“Pesan saya teman-teman PTPS yang telah dilantik agar dapat menjaga netralitas, jika teman-teman tidak mampu menjaga netralitas dan Integritas, maka teman-teman tidak akan dipakai lagi dalam penyelenggaraan apapun,” imbaunya.

Kegiatan pelantikan yang berlangsung khidmat ini, dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis penguatan kapasitas tentang tugas, fungsi dan wewenang Pengawaa TPS.

Diketahui, acara tersebut dibagi 3 sesi dari hari minggu sampai senin. Acara pelantikan dihadiri Camat Sukadana, Kapolsek Sukadana, Danramil Sukadana, Rohaniawan Kepala KUA Kecamatan Sukadana, PPK Sukadana.(rd)

LEAVE A REPLY