Ini Penyebab Listrik Mati Total di Lampung dan 3 Provinsi Lainnya

0
59

Gerbang1newscom.Aliran listrik di Lampung dan di tiga provinsi lain mengalami mati total sejak sekitar pukul 11.00 WIB, Selasa, 4 Juni 2024. Tiga daerah lainnya yang bernasib sama dengan Lampung yaitu Sumatra Selatan, Jambi, dan Bengkulu.

Berdasarkan informasi sistem kelistrikan Unit Induk Distribusi (UID) Lampung mengabarkan pemadaman listrik itu akibat gangguan transmisi saluran udara tegangan tinggi (SUTT) 275 kilovolt (kV) Lubuk Linggau-Lahat. Kondisi itu berimbas pada sistem kelistrikan di Lampung.

Pelanggan PLN yang terhormat, sehubungan dengan gangguan transmisi SUTT 275 kilovolt (kV) Lubuk Linggau-Lahat. Sehingga, berdampak pada sistem kelistrikan di wilayah kerja provinsi Lampung,” tulis informasi dari UID Lampung itu.

Atas kondisi listrik yang padam itu, petugas PLN di lapangan saat ini sedang berupaya melakukan penormalan kembali.

“PLN menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh para pelanggan,” lanjut informasi tersebut.

Manajer Komunikasi dan TJSL PLN UID Lampung, Darma Saputra, membenarkan ada gangguan transmisi SUTT yang berdampak pada jaringan kelistrikan di empat provinsi. Yaitu Lampung, Sumatra Selatan, Jambi, dan Bengkulu.

Saat ini petugas PLN masih mencari tahu penyebabnya karena transmisi itu tidak berada di kota, melainkan di gunung. Untuk itu, PLN belum bisa memastikan waktu pemadaman itu akan berakhir.

“Petugas terus berupaya melakukan penanganan dan perbaikan terhadap transmisi yang mengalami gangguan agar listrik bisa kembali menyala. Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk penanganan gangguan itu,” kata dia.

Pihak PLN juga mengimbau masyarakat bisa memaklumi gangguan tersebut. Saat ini petugas PLN setempat telah melakukan upaya perbaikan.

“Masyarakat harap bersabar karena kami masih berupaya melakukan perbaikan,” kata dia. (*)

LEAVE A REPLY