Pemkot-Pemprov Segera Perbaiki Jalanan Rusak di Metro

0
66

 

Jalan lintas kota metro.”

“GERBANG 1 NEWS COM.METRO – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung bakal segera melakukan perbaikan terhadap sejumlah ruas jalan yang kondisinya rusak serta memprihatinkan.

“Pemkot Metro dan Pemprov Lampung bakal bekerja melakukan perbaikan terhadap jalan yang rusak di Metro. sesuai dengan kewenangannya masing-masing.

“Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Metro, Anang Risgianto. Ia menjelaskan menjelaskan bahwa perbaikan. infrastruktur jalan menelan anggaran yang paling besar.

“Pemkot telah menggelontorkan anggaran sebesar. Rp 140 Miliar untuk perbaikan infrastruktur diberbagai sektor se-Metro.

“Yang paling besar jalan, intinya infrastruktur lah. Nilainya saya tidak hafal, tapi kira-kira total untuk anggaran infrastruktur tahun 2024 ini sekitar Rp 140 Miliar. Tapi itu total perbaikan seluruh infrastruktur ya,” ungkapnya saat dikonfirmasi awak media, Kamis (28/3/2024).

Jalan patimura metro lampung.

“.Anang menyebut bahwa seharusnya pelaksanaan pembangunan infrastruktur sudah bisa dimulai sejak Januari 2024.

“Kalau di 2024 ini sesungguhnya pelaksanaan itu sudah bisa dimulai sejak Januari, tapi ada proses administrasi lah,” ucapnya.

“.Sementara untuk rencana pembangunan tahun 2025 pihaknya telah melakukan,. penyusunan yang diperkirakan rampung paling lama Mei 2024 mendatang.

“Proses perencanaan sudah dimulai dari Januari kemarin, nanti sampai dengan kira-kira bulan April atau Mei sudah selesai,” kata Anang.

“Tak hanya itu, Anang juga menyebut,” bahwa pembangunan yang belum terealisasi di tahun sebelumnya bakal menjadi prioritas di tahun 2025.

“Tinggal berbagai persoalan-persoalan yang belum bisa dilaksanakan di tahun-tahun kemarin, itu menjadi prioritas termasuk salah satunya infrastruktur. Ini untuk yang 2025 ya,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi (BMBK) Provinsi Lampung, Muhammad Taufiqullah menerangkan soal jalan Pattimura, Kecamatan Metro Utara yang rusak lagi setelah diperbaiki.

Taufiqullah mengaku bahwa Wali Kota Metro, Wahdi telah melaporkan hal tersebut ke Pemprov Lampung dan telah ditindaklanjuti.

“Sebenarnya kemarin Pak Wali juga sudah berbicara sama kami, dan kami sudah sikapi dengan pemeliharaan rutin,” ujarnya.

“Jalan-jalan itu sudah ditutup tambal, sementara tambal sulam saja dulu yang penting tidak ada lubang, jadi kita bebas lubang,” sambungnya.

“Ia mengklaim bahwa Pemprov Lampung telah melakukan pemeliharaan. terhadap ruas jalan provinsi yang rusak di Kota Metro.

“Memang tingkat kenyamanannya beda dengan jalan baru, kalau baru di aspal semuanya mulus. Tapi kalau yang ini sifatnya pemeliharaan saja tapi tidak ada lubang,” terangnya.

Sementara itu ketika disinggung terkait kualitas jalan yang buruk dan cepat rusak setelah diperbaiki, pihaknya akan melakukan pengecekan dalam waktu dekat.

“Kemarin barusan kita laksanakan kira-kira di awal-awal tahun, kita belum lihat lagi. Tapi kalau nanti misalnya sudah rusak lagi akan kita lihat lagi,” tandasnya.

Foto : Kepala Bappeda Kota Metro, Anang Risgianto saat dikonfirmasi di kantornya.

Foto : Kepala BMBK Provinsi Lampung, Muhammad Taufiqullah saat dikonfirmasi awak media.

Foto : Kondisi jalan Pattimura yang rusak berlubang dan tergenang air usai diperbaiki pada Januari lalu.

red/imam ardiansyah

LEAVE A REPLY