Presiden RI Hadiri HPN 2020 di Kalimantan Selatan

0
54
Presiden RI Joko Widodo, hadir dalam acara HPN di Kalimantan Selatan./Ist

Jakarta GL – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Banjar Baru Kalimantan Selatan. Jokowi bersama para pejabat negara menghadiri acara tersebut.
Jokowi tiba pukul 09.15 Wita di Kompleks Sekretariat Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Selatan, Jalan Aneka Tambang, Banjar Baru, Kalimantan Selatan, Sabtu (8/2/2020).

Jokowi tiba tampak didampingi oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sabhirin Noor, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua Dewan Pers M Nuh dan Ketua Umum PWI Atal S Depari.

Tampak juga Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko PMK Muhadjir Effendy. Selain itu, ada juga Menkum HAM Yasonna Laoly, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri KLHK Siti Nurbaya Bakar.

Rangkaian peringatan HPN 2020 berlangsung sejak 7-9 Februari 2019 di Banjarmasin dan Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Sejumlah kegiatan dilaksanakan dalam rangkaian peringatan HPN 2020 diantaranya seminar inovasi pelayanan publik, pameran karya pers, serta Konvensi Nasional Media Massa.Selain itu, terlihat hadir juga Staff Khusus Milenial Presiden Putri Tanjung, Aminuddin Ma’ruf, Andi Taufan Garuda Putra, Gracia Billy Mambrasadar. Ada juga pejabat daerah seperti Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wali Kota Tanggerang Selatan Airin Rachmi Diany.

Sebelumnya, perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 digelar di Banjarmasin, Kalimatan Selatan. Para staf khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berasal dari kalangan milenial akan hadir memberi motivasi kewirausahaan bagi anak muda di Kalimantan Selatan.
Ada empat ‘pasukan milenial’ Jokowi yang akan hadir di HPN 2020, yakni Putri Tanjung, Aminuddin Maruf, Andi Taufan Garuda Putra, dan Billy Mambrasar. Mereka akan tampil dalam acara diskusi bertema ‘Empowering Young Generation as The Future Leader’ di Universitas Lambung Mangkurat, Sabtu (8/2/2020) pukul 13.00 WIB siang.

‘Pasukan milenial’ Jokowi ini berharap bisa memberikan motivasi dan inspirasi agar anak muda Kalimantan Selatan semakin banyak yang kreatif, inovatif, dan punya jiwa kewirausahaan.

“Di tengah merajalelanya informasi bohong atau hoax, perlu kita berkolaborasi dengan insan pers, untuk memberikan informasi yang jernih dan kredibel, sehingga anak muda bisa memilih dan memilah berita agar tidak termakan hoax yang bisa memecah belah,” tambah Aminuddin Maruf.
“Menurut data dari World Economic Forum diprediksi akan ada 75 juta pekerjaan yang akan hilang dan digantikan robot/mesin pada 2022 mendatang. Makanya, di tengah tantangan dan kompetisi yang berat, anak muda Indonesia memang harus punya bekal yang cukup untuk menghadapi gelombang perubahan. Saya yakin anak muda Kalimantan Selatan pasti punya potensi yang besar dan kita berempat datang untuk membantu meyakinkan mereka agar tidak bosan terus menggali potensi diri untuk jadi anak muda yang maju dan bisa menjawab tantangan,” ujar Putri Tanjung.

Momen HPN 2020 menjadi momen yang tepat untuk anak muda berkolaborasi dengan insan pers. Anak muda bisa menyebarluaskan ide perubahan dan pemberdayaan. Maraknya kabar hoaks yang juga banyak dikonsumsi milenial juga jadi perhatian para staf khusus presiden ini.

Sabirin Noor berharap kedahiran Presiden Jokowi peringatan HPN 2020 di Kalimantan Selatan dan kehadirian ribuan pers membawa berkah untuk masyarakat.

Sementara Ketua Pewan Muhammad Nur mengatakan tujuan pelaksanaan HPN karena ingin memperkuat kesinambungan antara pers.

“Yang ingin kita perolah adalah menyambung silaturahim. Bukan semata HPN, kemudian menyambungkan masa lalu, kini dan masa depan dan menyambungkan Kalsel dengan ibukota negara,” tuturnya.(rl)

LEAVE A REPLY