Ribuan Mahasiswa Unila “Nglurug” ke Waykanan

0
223
Wakil Bupati Waykanan Edward Antony, menyambut kedatangan Mahasiswa Unila KKN./Fikri

Gerbang1news.com – Sebanyak 1062 Mahasiswa Universitas Lampung (Unila) “Nglurug” ke Kabupaten Waykanan. Rombongan ribuan mahasiswa tersebut datang dengan maksud melakukan Kunjungan Kerja Nyata (KKN) Tematik Unggulan dan Strategis.

Kedatangan kegiatan KKN mahasiswa Unila tersebut langsung disambut oleh Wakil Bupati Waykanan Edward Antony di gedung serba guna Pemkab setempat, Rabu (02/1/2019).

Wakil Bupati Edward Antony mengucapkan Selamat datang kepada para Mahasiswa Unila yang akan melaksanakan KKN, dan mengucapkan terimakasih kepada Rektor Unila yang telah memberikan kepercayaan dan menempatkan para Mahasiswa KKN di 7 (tujuh) Kecamatan di Kabupaten Waykanan.

“Saya merasa gembira karena dengan adanya KKN ini serta berharap kepada para mahasiswa yang akan mengadakan KKN, dapat melakukan identifikasi sekaligus mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat misalnya pemberdayaan potensi masyarakat setempat menuju peningkatan kesejahteraan yang lebih baik,” ujar Edward.

Mahasiswa peserta KKN diharapkan juga dapat lebih meningkatkan kepedulian dan empati kepada permasalahan yang dihadapi masyarakat setempat. Sehingga mampu mendorong perubahan perilaku masyarakat menjadi lebih baik.

“Semoga berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan Perguruan Tinggi melalui KKN dapat diorientasikan pada penyiapan mahasiswa sebagai Sarjana Pendamping masyarakat dan upaya pemberdayaan masyarakat desa/kampung melalui implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi Yakni Pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, terutama berperanaktif mengembangkan sikap dan jiwa kewirausahaan atau entrepreneurship yang tangguh,” tambahnya.

Beliau juga mengharapkan agar mahasiswa mampu menumbuhkan motivasi dan inovasi masyarakat untuk lebih maju. Diantaranya dengan membantu menemukan peluang usaha yang lebih baik bagi diri sendiri, keluarga maupun masyarakat, serta menyusun program yang dapat di laksanakan dan disesuaikan dengan kemampuan, kondisi dan situasi yang ada.

“Kepada para Mahasiswa yang akan berkecimpung dan berhadapan langsung dengan masyarakat hendaknya dapat menggunakan metode komunikasi yang tepat dan santun. Saya juga mengharapkan bahwa dalam pelaksanaan KKN ini hendaknya tidak keluar dari koridor aturan dengan senantiasa memperhatikan rambu-rambu yang telah ditetapkan oleh pihak Unila, dan melakukan koordinasi dengan Unsur Pimpinan Kecamatan dimana saudara-saudara ditempatkan dalam melaksanakan KKN,” katanya.

Beliau atas nama pemerintah daerah mengharapkan agar kegiatan KKN Tematik Unggulan dan Strategis Universitas Lampung di Kabupaten Waykanan tidak tercemar dengan kegiatan-kegiatan lain diluar nuansa pengabdian, pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat, jagalah nama baik kampus dan norma-norma agama serta adat istiadat setempat.

“Kepada para camat, Mahasiswa KKN yang berada dalam wilayah kerja saudara, agar dapat terus dimonitor dan dibantu tugas-tugas yang mereka perlukan, agar KKN dapat terselesaikan dengan baik sesuai harapan kita semua,” pintanya.

Sementara Nur Efendi, Sekretaris BP KKN Unila menyebutkan, mahasiswa yang melaksanakan KKN di Waykanan berjumlah 1062 mahasiswa Unila dari tujuh Fakultas, ditempatkan di tujuh kecamatan. Yaitu, Kecamatan Gununglabuan, Baradatu, Banjit, Kasui, Negeriagung, Pakuanratu dan Blambangan Umpu.(Fik)

LEAVE A REPLY