Pemkab Waykanan Kirim Relawan ke Sulawesi Tengah

0
192
Dinas Sosial Waykanan menyerahkan bantuan pakaian layak pakai kepada DPD Badan Eksekutif Gema Nusantara Umum Provinsi Lampung./Fikri

Gerbang1news.com – Tim Relawan dan perwakilan Dinas Sosial Kabupaten Tanggamus akan berangkat langsung ke Sulawesi Tengah untuk memberikan bantuan dana Rp 400 juta dari donatur serta pakaian layak pakai kepada korban Gempa dan Tsunami di Palu, Sigi dan Donggala.

Hal tersebut diungkapkan Kadis Sosial Waykanan Pardi, saat menyerahkan bantuan pakaian layak pakai korban gempa tsunami melalui DPD Badan Eksekutif Gema Nusantara Umum Provinsi Lampung.

Rencananya, penyerahan bantuan itu sendiri langsung dialokasikan pada titik titik yang tertimpa bencana dan tsunami di Palu, Sigi dan Donggala.

Menurut Pardi, akan lebih efektif dan tepat sasaran, jika tim relawan langsung terjun di lokasi bencana dan mengetahui secara pasti apa saja yang dikebutuhkan para korban bencana.

“Kami akan memberangkatkan paling tidak tiga orang relawan dari berbagai elemen unsur untuk mengawal bantuan tersebut sampai kepada yang berhak,” kata Pardi, Rabu (17/10).

Terpisah, Yoni Alistiadi relawan perwakilan PMI Waykanan mengatakan bahwa apa yang direncanakan oleh pemkab Waykanan tersebut sudah benar dan dapat dipastikan bantuan masyarakab Way kanan tersebut akan sampai kepada yang berhak.

“Kami dari PMI Waykanan bersama unsur lain seperti PKH dan Media siap apabila akan diterjunkan mengawal bantuan sampai di lokasi bencana,” tegas Yoni.

Dirinya mengaku, sudah melakukan koordinasi dengan teman teman Relawan PMI tentang mekanisme yang tepat dan efektif untuk menyalurkan bantuan tersebut.

“Akan sangat baik lagi jika langsung Pak bupati bersama relawan terjun ke lokasi serahkan bantuan tersebut,” kata Yoni.

Sekdakab Waykanan Saipul membenarkan hal tersebut. Namun, pihaknya masih menunggu instruksi dari Bupati Waykanan terkait mekanisme pengiriman bantuan dan relawan yang akan berangkat ke Palu.

“Kita akan rapatkan dengan Pak Bupati secepat mungkin persoalan ini setelah beliau kembali dari Banjarmasin mengikuti acara Hari Pangan Sedunia,” imbuh Sekda.(Fik)

LEAVE A REPLY