Sat Binmas Polres Metro Imbau Pedagang Waspada Peredaran Uang Palsu

0
83

Gerbang1news.com, Metro – Anggota Sat Binmas Polres Metro Polda Lampung melaksanakan patroli serta sosialisasi dan penyuluhan disekitar Pasar Kota Metro serta memberikan himbauan kamtibmas untuk mewaspadai peredaran uang palsu, Selasa (28/3/2023).

Dalam patroli serta Sosialisasi ini, anggota Sat Binmas Polres Metro memberikan himbauan kepada para pedagang untuk lebih berhati–hati dalam melakukan transaksi jual beli. Hal ini dilakukan karena pengalaman menunjukkan bahwa toko kelontong dan pasar tradisional sering menjadi sasaran peredaran uang palsu.

Dalam sosialisasi tersebut, Sat Binmas Polres Metro juga memberitahukan cara mengetahui keaslian uang yaitu dengan cara yang paling mudah yaitu menerapkan trik 3D yaitu, dilihat,diraba dan diterawang serta dengan mengenali unsur pengaman meliputi tanda air, benang pengaman, tulisan mikro, gambar tersembunyi dan gambar saling mengisi.

Sementara Kapolres Metro Polda Lampung AKBP Heri Sulistyo Nugroho S.IK, M.IK melalui Kasat Binmas AKP Resmawati S.H mengatakan bahwa himbauan yang dilakukan anggotanya kepada para pedagang merupakan bagian kewajiban petugas Kepolisian untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif terutama saat bulan Ramadhan.

Resmawati menekankan bahwa “masyarakat harus lebih peka dan cerdas dalam membedakan antara uang asli dan palsu. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan metode 3D : dilihat, diraba dan diterawang. Dengan melakukan hal ini diharapkan masyarakat dapat terhindar dari kerugian akibat peredaran uang palsu serta memberikan himbauan kepada warganya untuk berhati hati dalam melakukan transaksi jual beli, apabila ada orang yang dicurigai membawa uang palsu agar segera dilaporkan kepada polisi terdekat,” tutupnya.(rl)

LEAVE A REPLY