Pemkab Tanggamus Serahkan Bantuan Pangan di 19 Kecamatan

0
64
Bupati Tanggamus Dewi Handajani, menyalurkan bantuan warga terdampak Covid-19./Sultan Effendi

Gerbang1news.com, Tanggamus – Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani menyerahkan bantuan Sembako kepada masyarakat keluarga orang dalam pantauan (ODP) Covid-19, Jum’at (17/4/2020).

Penyerahan bantuan oleh Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tanggamus itu diberikan kepada 10 keluarga ODP yang ada di tiga kecamatan, yakni kecamatan Kota Kgung, Kota Agung Timur dan Kota Agung Barat, yang dipusatkan di halaman UPTD puskesmas setempat.

Dalam penyerahan bantuan tersebut penerapan protokol kesehatan dilakukan seperti menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan pakai sabun, baik sebelum maupun sesudah kegiatan.

Bupati menyampaikan bahwa bantuan diberikan untuk mengurangi beban keluarga ODP, mengingat selama 14 hari ODP harus menjalani isolasi secara mandiri.

“Menjalani isolasi mandiri dengan tidak keluar rumah, tentu berdampak secara ekonomi, maka dari itu kami berikan bantuan, supaya sedikit mengurangi beban mereka. Kami sadar bahwa dengan adanya pandemi Corona berpengaruh pada perekonomian, yang mana tidak seperti dulu. Untuk itulah sedikit kami bantu. Dengan warga dirumah saja ini akan dapat memutus mata rantai Virus Corona,” kata Bupati.

Bupati melanjutkan, melalui pemberian bantuan ini juga diharapkan menjadi motivasi bagi ODP untuk tetap berada dirumah sampai waktu isolasi mandiri selesai, serta bentuk dukungan kepada keluarga agar menjaga keluarganya yang ODP untuk konsisten dalam menjalankan isolasi mandiri.

Penyerahan bantuan juga dilakukan oleh 7 tim lainnya, yakni : Tim 2 yang dipimpin wakil bupati tanggamus Hi. AM. Syafii di 3 kecamatan sumberejo, pulau panggung dan ulubelu, bertempat di puskesmas sumberejo,
Untuk Tim 3 yang dipimpin ketua DPRD Heri Agus Setiawan di kecamatan semaka dan pematang sawa, dipusatkan dipuskesmas semaka.

Tim 4 dipimpin dandim 0424 Letkol Arman Aris Sallo di wakili oleh Kapten Inf. Widodo danramil bulok, di kecamatan bulok, limau dan cukuh balak, dipusatkan diPuskesmas bulok.

Tim 5 dipimpin kapolres di kecamatan talang padang dan pugung, dipusatkan dipuskesmas talang padang,
Tim 6 dipimpin kajari David P Duarsa di kecamatan gisting dan gunung alip, dipusatkan dipuskesmas gisting.

Tim 7 dipimpin sekda Hamid H Lubis di kecamatan wonosobo dan bandar negeri semuong; berpusat dipuskesmas siring betik.

Terakhir Tim 8 dipimpin kadis sosial Zulfadli di kecamatan kelumbayan dan kelumbayan barat.

Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafii, saat penyerahan bantuan berpusat dipuskesmas Kecamatan Sumberejo, kembali menghimbau masyarakat agar menjaga perilaku hidup bersih dan sehat. “Selalu cuci tangan pakai sabun dan memakai masker kemana saja pergi,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Sosial Tanggamus Zulfadli menerangkan, bantuan saat ini diberikan kepada 110 keluarga penerima,dengan masing-masing paket berupa beras 10 Kg, telur 2 Kg dan 1 dus mie instan. Namun untuk ODP di Kecamatan Kelumbayan dan Kelumbayan Barat akan diserahkah besok, Sabtu (18/4).

Zulfadli menambahkan, nantinya semua ODP yang ada akan mendapatkan bantuan yang sama.

“Jika ada warga dengan keluhan gejala Covid 19, silahkan laporkan kepada aparat pekon atau Bidan Desa setempat, kita akan berikan bantuan kepada semua ODP,” ujarnya. (Tan)

LEAVE A REPLY