Petani di Lampung Utara Kesulitan Dapat Pupuk Bersubsidi

0
1007
Pupuk bersubsidi./Ist

Gerbang1news.com – Petani di Desa Sumber Agung Kecamatan Abung Timur Kabupaten Lampung Utara, menjerit lantaran langkanya pupuk ketika dibutuhkan petani.

Kondisinya tersebut, diungkapkan Kepala Desa Sumber Agung, Armadan, saat ini kondisi kelengkapan pupuk mengancam kehidupan petani.

“Saya tidak mengetahui tentang pupuk bersubsidi yang ada di desa ini, baik dari penyalur atau pengecer sampai ke kelompok2 tani yang ada di desa ini. Saya juga tidak pernah menanda tangani usulan pengajuan pupuk bersubsidi(RDKK)rencana definitip kebutuhan kelompok tani,” ujarnya, Sabtu (2/3/2019).

Ditempat berbeda, “Imam” Sekertaris Desa setempat Imam menjelaskan, ada 12 kelompok tani yang tergabung dalam Gapoktan Sumber Agung. Usulan pengajuan pupuk bersubsidi RDKK di desanya ada di Dinas Pertanian setempat.

“Kios pupuk yang ada hanya menyalurkan pupuk bersubsidi di desanya kepada kelompok tani yang sudah memiliki ID kelompok,” katanya.

Sementara, Jamaaun Ketua Kelompok Tani Gemah Ripah 2, Jamaun mengatakan, kelompok tani yang ia pimpin terpaksa membeli pupuk yang berada diluar daerah.

“Kami terpaksa membeli pupuk di luar daerah, karena di desa kami tidak ada. Untuk pengajuan RDKK, kami tidak tau, yang buat pak Imam,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Ketua Poktan Jaya Barokah, Indra Jaya Saputra, saat ini ia dan petani lainnya merasa kesulitan mendapatkan pupuk.

“Kami terpaksa membeli ke pasar. KArena pupuk bersubsidi kosong di desa kami. Karena di Desa kami sangat sulit mendapatkan pupuk,” keluhnya.

Sedangkan Salmin Kasiyun, Ketua Lembaga Aliansi Indonesia perwakilan Lampung Utara yang mendampingi kelompok tani juga mengakui jika pupuk di daerah tersebut langka.

“Kami mewakili kelompok tani sudah menanyakan soal langkanya pupuk bersubsidi ini ke Dinas Pertanian Lampung Utara. Dan kami bertemu Zulkarnain selaku kepala seksi sarana dan prasarana Dinas Pertanian. Dari informasi itu, Dinas Pertanian tidak mengetahui kuota maupun jumlah pupuk bersubsidi yang di salurkan pada kelompok tani desa Sumber Agung, dengan alasan rekapitulasinya sudah di setorkan ke provinsi,” katanya.(Her/Din)

LEAVE A REPLY