Warga Korban Angin Puting Beliung di Tuba Terima Bantuan

0
219
Bupati Tulang Bawang Hj. Winarti memberikan bantuan kepada warga korban angin puting beliung./Nurwan

Gerbang1news.com – Sedikitnya 91 rumah warga rusak akibat diterjang angin puting beliung yang terjadi di Kampung Duta Yosomulyo Tulang Bawang (Tuba), pada Rabu 2 Januari 2019 lalu.

Diungkapkan Larto, Kepala Kampung Duta Yosomulyo, rumah rubuh atau rusak dengan total 91 rumah rusak dengan rincian 2 rusak berat, 46 rusak sedangkan 33 rusak ringan.

“Hujan deras disertai angin kencang puting beliung merusak sebagian besar rumah warga. Sehingga, warga banyak mengalami kerugian,” ujar Larto, saat kunjungan Bupati Tulang Bawang di kampungnya, Senin (7/1/2019).

Sementara, Bupati Tulang Bawang Hj. Winarti meminta kepada pihak terkait untuk cepat tanggap dan bergotong-royong dalam membantu warga yang tertimpa musibah.

“Saya turut prihatin atas musibah ini, saya terus pantau Penanganan nya. Kepada pak Sekda, pak Camat dan BPBD, sigapnya kita, gotong royongnya kita membuat kita kuat,” kata Winarti, disela kunjungannya.

Selain mengungkapkan rasa duka, kunjungan Winarti juga bertujuan untuk memberikan bantuan untuk meringankan beban dan memenuhi kebutuhan sehari-hari warga di kampung setempat.

Adapun bantuan yang diberikan diantaranya seperti Family kit (perlengkapan keluarga) 5 dus, makanan siap saji 36 paket, makanan tambahan gizi 36 paket, makanan lauk pauk 30 paket, perlengkapan makan 7 dus, perlengkapan balita 10 dus, perlengkapan rekreasional 8 dus, sandang 20 unit, tas sekolah 10 unit, selimut 40 unit dan matras 40 unit.

Sementara untuk rumah rusak berat dibantu Rp.5.000.000, untuk rumah rusak sedang dibantu Rp.2.500.000 dan untuk rumah rusak ringan dibantu Rp.1.500.000.

Winarti berpesan, agar warga bersama-sama terus membangun Kampung, Kepala Kampung dan Camat untuk dapat terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Ajukan usul sesuai kebutuhan, kita akan prioritaskan pembangunan. Daerah yang jauh jangan sampai tertinggal, harus sejajar dengan daerah lain. Maka gunakan Dana Desa untuk kemakmuran masyarakat Kampung, dan usahakan uang Dana Desa dapat berputar di Kampung,” tambah Winarti.

Sementara, Kapolres Tulangbawang AKBP Syaiful Wahyudi dalam pengarahannya, berharap kepada masyarakat untuk dapat sebisa mungkin bilamana ada permasalahan untuk dapat diselesaikan ditingkat Polsek dan Kampung.

“Selama 2 bulan saya disini, belum ada kasus yang menonjol. Saya harap suasana ini terus berlanjut, juga selalau waspada akan berita hoax, jaman hp ini kita harus makin hati-hati, gunakan teknologi (hp) untuk hal-hal baik,” pesan Kapolres.(Wan)

LEAVE A REPLY