Kesbangpol Metro Sosialisasikan Peraturan Ormas dan LSM

0
561
Kesbangpol Kota Metro mensosialisasikan Peraturan tentang Organisasi Kemasyarakatan tahun 2018./RED

Gerbang1news.com – Pemerintah Kota Metro melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Metro, mensosialisasikan Peraturan tentang Organisasi Kemasyarakatan tahun 2018, di Gedung Sinode, Selasa (27/11/2018).

Ketua Pelaksana kegiatan Nur Elman menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat tentang peraturan organisasi kemasyarakatan yang ada. Selain itu juga sebagai upaya dalam melakukan pembinaan atas tujuan dan fungsi didirikannya Ormas/LSM.

“Untuk Ormas/LSM agar melakukan hak dan kewajibannya sebagai telah diatur dalam perundang-undangan, serta meningkatkan peran ormas dan berpartisipasi dalam pembangunan baik secara nasional maupun tingkat daerah,” kata Nur Elman.

Ditempat yang sama, Asisten I Setda Kota Metro Ridwan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi tersebut.

Ia berharap, dengan kegiatan yang dilakukan tersebut bisa meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang peraturan organisasi kemasyarakatan yang ada. Sehingga kita memiliki kesamaan persepsi terhadap keberagaman Ormas dan peranannya dalam kehidupan masyarakat di Kota Metro.

“Terlebih untuk menghadapi tahun politik 2019 diharapkan Organisasi masyarakat (Ormas) bisa menempatkan diri sebagai panutan atau contoh baik masyarakat untuk tidak terlibat dalam politik praktis atau berafiliasi dengan parpol tertentu,” ungkap Ridwan.

Saat ini, lanjut Ridwan, banyak Ormas yang tidak menjujun tinggi tujuan dan fungsi organisasi ke masyarakatan, seperti yang tercantum dalam AD/ART Ormas masing-masing. “Terkadang Ormas/LSM hanya dijadikan alat sasaran oleh oknum pihak tertentu dalam mencari keuntungan untuk kepentingan pribadi dan golongan,” ujar Ridwan.

Ridwan mengajak para peserta sosialisasi untuk membangun kemitraan dan hubungan yang harmonis antara Pemerintah Daerah dengan organisasi kemasyarakatan yang ada, guna mengisi pembangunan dan menciptakan suasana yang aman nyaman dan damai yang di Kota Metro.

“Melalui kegiatan ini juga diharapkan, sebagai masukan bagi peserta sosialisasi tentang peran fungsi dan tujuan akuntabilitas Ormas, serta penanganan dan pengawasan Ormas yang ada di Kota Metro. Saya juga berharap sosialisasi ini dapat diimplementasikan dalam berbagai program dan kegiatan pada OPD masing-masing. Dengan begitu peranan ormas dalam kehidupan masyarakat menjadi menyokong dalam pembangunan di Kota Metro,” pintanya.(rls)

LEAVE A REPLY