Kabar Duka, Pimum Lampung Post Tutup Usia

0
116

Gerbang1news.com, Bandarlampung – Pemimpin Umum (Pimum) Lampung Post yang juga tokoh pers Lampung, Bambang Eka Wijaya, menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek, Bandarlampung, Senin (13/3/2023) Pukul 13.25 Wib.

Kesehatan pria yang lahir di Pondok Seng, Kerasaan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, 6 Oktober 1946 itu dalam beberapa bulan terakhir menurun.

Ayah lima anak itu mengawali karir jurnalistiknya saat bergabung di Waspada Teruna Group (Sketsa dan Warta Teruna) sebagai korektor, merangkap reporter, merangkap jual koran mingguannya setiap terbit, dengan dibimbing menulis oleh Nazar Effendy Erde, pemimpin redaksinya.

Pada 9 Mei 1970, Bambang Eka Wijaya bergabung ke harian Sinar Indonesia Baru (SIB) sampai jadi redaktur pelaksana pada 1985.

Kemudian ia pindah sebagai redaktur pelaksana harian Prioritas, Jakarta, milik Surya Paloh.

Pada 1988, Bambang Eka Wijaya kembali lagi ke Medan menjadi pemimpin redaksi mingguan Bintang Sport&Film. Awal 1990, Bambang diajak Surya Paloh lagi ke Media Indonesia sebagai redaktur khusus, dan akhirnya sejak 1 Juni 1993 menjadi pemimpin umum/pemimpin redaksi harian Lampung Post.

Sejak 1998, setiap hari Bambang mengisi kolom Buras. Hingga hari ini sudah ribuan Buras ia tulis hingga meraih penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri) sebagai produk jurnalistik prima.

Muri menganugerahinya sebagai kolom yang ditulis dengan rentang paling panjang dan setiap hari.

Selain aktif di jurnalistik, Bambang Eka Wijaya juga aktif di beberapa organisasi. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Kehormatan PWI Lampung, Wakil Ketua Dewan Pakar ICMI Lampung, Dewan Pakar Himpunan Dosen Seluruh Indonesia (HIDSI) Lampung.

Lalu, Dewan Penasihat Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) Lampung, Dewan Penasihat KAMMI Lampung, Dewan Penasihat SOKSI Bandar Lampung, dan Anggota Dewan Pembina Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS) Jakarta.(rl)

LEAVE A REPLY