Uang Palsu Merambah di Kota Metro

0
223
Korban uang palsu./Ist

Gerbang1news.com, Metro – Peredaran uang palsu kembali terjadi lagi di Bumi Sai Wawai. Kali ini, pelaku menjalankan aksinya di Pasar Kopindo Kota Metro.

Pelaku peredaran uang palsu tersebut berhasil memperdaya pedagang kecil. Sementara, pecahan uang palsu tersebut sebesar Rp 100 ribu.

Salah seorang korban, Novia Irawati (42) yang merupakan pedagang pakaian di pasar tersebut mengaku telah mendapat uang palsu dari salah seorang pembeli di kios miliknya.

“Kalau saya enggak sadar siapa pembeli yang pakai uang palsu ini. Ketahuan nya, pas saya mau setorkan ke Bank ditolak. Kata nya uang nya palsu,” kata dia saat ditemui di lapak dagangan di Pasar Kopindo Metro, Selasa, 18 Oktober 2022.

Wanita yang merupakan warga Hadimulyo Timur, Kecamatan Metro Pusat ini sangat menyayangkan atas kejadian tersebut. Tak hanya dirinya, bahkan sempat terjadi hal serupa yang menimpa rekam seprofesi nya juga.

“Padahal kemarin itu barusan terjadi. Itu di gilingan mie Gelompong. Disana juga kemarin ada yang bayar pakai uang palsu,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Edi, pekerja di gilingan mie Gelompong mengungkapkan, kejadian uang palsu tersebut juga tidak sadar.

“Kalau siapa nya itu yang saya enggak tau. Kondisinya pas rame, jadi ga hapal. Tau-tau pas sore kan di hitung, kok ini ada yang beda dari pada yang lain. Giliran kita cek ternyata ini uang palsu,” kata dia.

Dia menyebut, ini merupakan kali keduanya di tempat gilingan mie Gelompong tertipu dengan modus uang palsu setelah sekian lama.

“Pernah kejadian, tapi itu sudah lama. Ini baru terulang kembali,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Hamzah (25) pedagang lainnya di pasar Kopindo mengatakan, peristiwa ini sangat kerugian sekali. Apalagi pelaku ini menyasar pedagang kecil.

“Ini terus terang sangat merugikan masyarakat kecil. Dulu ada yang terjadi, menimpa tukang ikan. Tapi pelaku sempat di kejar, itu ibu-ibu yang belanja, sempat di kejar sama tukang ikan,” kata dia.

Diketahui, maraknya peredaran uang palsu tersebut kini sudah terjadi tiga kali di pasar Kopindo Kota Metro. Pelaku menggunakan uang pecahan Rp 100 ribu. Kejanggalan diketahui saat uang tersebut di terawang tidak ada gambar nya dan warna nya berbeda.(rl)

LEAVE A REPLY