UKW Jadi Prioritas di Program Kerja DPP Forjil Lampung

0
30
Pengurus dan anggota Forjil Lampung./Yuda Ardiansah

Gerbang1news.com, Tulang Bawang – Dewan Pengurus Pusat Forum Jurnalist Lampung (DPP Forjil) menggelar rapat kerja dengan seluruh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) se-Provinsi Lampung. Rapat ini diselenggarakan dalam rangka evaluasi kinerja organisasi ditingkat daerah selama tahun 2021 dan pembahasan program kerja tahun 2022 mendatang.

Rapat perdana DPP Forjil tahun ini digelar di Kafe dan Resto Dapur Surya Jalan 3 MBC Menggala, Kelurahan Menggala Kota, Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulang Bawang, Minggu (21/11/2021)

Dalam kegiatan itu, Ketua Umum DPP Forjil, Junaidi Amrin, menerima laporan secara lisan terkait kinerja organisasi dari para ketua DPD yang hadir.

Dalam sambutannya, Junaidi Amrin mengucapkan terimakasih atas kehadiran Pengurus DPP, Dewan Penasehat, dan semua pengurus DPD kabupaten/kota yang ada di Provinsi Lampung. Dirinya juga kepada pengurus inti organisasi di daerah baik Ketua, Sekretaris dan Bendahara agar bekerja lebih maksimal dalam menjalankan roda organisasi.

“Saya tekankan kepada Ketua, Sekretaris, juha Bendahara harus bekerja sama dalam melaksanakan program kerja. Karena, di dalam peningkatan mutu organisasi ada di tangan KSB. bila tidak menjalin kekompakan maka hal itu akan berdampak organisasi jalan di tempat akibat tidak saling bekordinasi antara pengurus dan anggota,” kata Junaidi Amrin.

Lebih lanjut dirinya menyebut bahwa yang menjadi prioritas dalam program kerja kedepan adalah memberikan pelatihan Jurnalistik dan mengadakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) agar nantinya semua anggota Forjil menjadi Pers yang profesional sesuai tema yang diusung yaitu bersatu menegakkan Pers yang Bermartabat serta memberikan perlidungan dalam bekerja dalam bentuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Di tempat yang sama, Ketua DPD Forjil Way Kanan menyampaikan bahwa di tahun 2021 telah bersinergi dengan pihak Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif didaerahnya guna mendukung pembangunan yang di selenggarakan oleh pemerintah daerah. Sementara di tahun 2022 mendatang akan terus meningkatkan kinerja organisasi. Terutama pengurus dan anggota yang belum UKW agar dapat mengikuti program itu.

“Sebab, UKW sangat perlu kita laksanakan agar anggota kita bekerja lebih profesional dan paham dengan kode etik jurnalistik,” kata Wanda JR pangilan akrabnya.

Sementara, Ketua DPD Forjil Tulang Bawang, Rido Ramadan, dan Ketua DPD Tulang Bawang Barat, Pendi, SH dalam laporan kinerjanya menyampaikan bahwa di tahun 2021 ini pihaknya berkonsentrasi terhadap pembinaan anggota dan memberikan arahan serta pemahaman terhadap anggota sesuai dengan tupoksi organisasi profesi wartawan.

“Saya konsentrasi penuh terhadap pembinaan anggota dalam menjalankan kegiatan jurnalistik agar benar-benar sesuai dengan amanat UU 40 tahun 1999 dan KEJ,” kata Rido Ramadan.

Melihat situasi jalannya rapat dan pemaparan para Ketua DPD, Dewan Penasehat DPP Forjilb,Hendra Suyitno, memberikan apresiasi dan support atas program kerja yang akan di laksanakan di tahun 2022 mendatang agar bisa berjalan sesuai niat baiknya.

“Semoga organisasi Forjil yang baru merangkak ini bisa memberikan metode yang profesional di dalam membina Pers yang ada di Forjila khususnya,” kata pria yang akrab disapa Bajil ini.

Bajil juga berpesan agar Jurnalis Fojil dapat terus belajar menggali ilmu pengetahuan. Menurutnya ilmu pengetahuan atau Sumber Daya Manusia adalah kunci utama dalam mewujudkan Pers yang berkualitas dan bermartabat. Ia juga bepesan agar terus mendalami peraturan perundang-undangan yang ada sebagai landasan dalam bekerja.(Yda)

LEAVE A REPLY