Hari Bhayangkara Ke-75, Polri Rangkul Masyarakat

0
61
Kegiatan bhakti sosial Polda Lampung./Ist

Gerbang1news.com, Bandarlampung – Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-75 tahun 2021. Sejumlah rangkaian telah dilaksanakan mulai pada 7 dan 8 Juni 2021 dengan melakukan kegiatan vaksinasi covid-19 massal di Mall Kartini dan Mall Boemi Kedaton.

Kemudian dilanjutkan rangkaian kegiatan operasi bibir sumbing, bhakti kesehatan, bhakti sosial, donor darah, Anjangsana ke mantan Kapolda Lampung dan Purnawirawan serta anggota Polri yang sakit, serbuan Vaksinasi TNI-Polri 1 juta Vaksin sehari, upacara pencucian bendera Pataka Polda Lampung “Wira Bhakti Ruwa Jurai”.

Pengembalian Barang Bukti (BB) kendaraan bermotor (ranmor) hasil ungkap C3 kepada masyarakat dan Ziarah ke makam Pahlawan.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, rangkaian kegiatan ini dilakukan untuk mendekatkan hubungan Polri bersama masyarakat secara sederhana namun khidmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19, Rabu (30/6/2021).

Dengan mengusung tema “Transformasi Polri yang Presisi mendukung penanganan Covid-19 untuk masyarakat sehat dan pemulihan ekonomi nasional menuju Indonesia maju”.

Masih kata Pandra, dimulai pada tanggal 7 dan 8 Juni kegiatan vaksinasi covid-19 di Mall Kartini dan Mall Boemi Kedaton, kemudian dilanjutkan tanggal (9/6) operasi bibir sumbing yang dilakukan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Lampung yang telah mengoperasi balita bibir sumbing sebanyak 28 orang dengan tujuan membantu masyarakat yang tidak memiliki biaya utk operasi. Kegiatan operasi bibir sumbing ini dibuka secara simbolis oleh Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno dengan memberikan bingkisan kepada perwakilan masyarakat yang anaknya akan dioperasi.

Tanggal (24/6) Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno
bersama Wakapolda Lampung Brigjen Pol Subiyanto dan Ketua Bhayangkari Daerah Lampung Ny. Linda Hendro Sugiatno juga secara simbolis memberikan bingkisan kepada masyarakat yang akan melaksanakan sunatan massal, kata Pandra.

Lanjut Pandra, beberapa rangkaian kegiatan Hari Bhayangkara ke-75 juga dilaksanakan pada (24/6) yaitu Sunatan massal dan Pencucian Bendera Pataka Polda Lampung Wira Bhakti Ruwa Jurai sebagai simbol pemuliaan nilai-nilai luhur Tribrata yang dipimpin oleh Waka Polda Lampung Brigjen Pol Subiyanto serta Anjangsana ke mantan Kapolda Lampung Irjen Pol (P) Ike Edwin di Lamban Kuning yang dipimpin oleh Direktur Polisi Air dan Udara (Dir Polairud) Polda Lampung Kombes Pol Sis Mulyono.

Tanggal (25/6) Irjen Pol Hendro Sugiatno melepas secara simbolis TNI-Polri dalam kegiatan bhakti sosial membagikan 10.600 paket sembako dan 39.000 pcs masker dan hand sanitizer yang akan diserahkan kepada masyarakat dengan harapan dengan pemberian bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak pademi covid-19. Selain itu juga ada donor darah yang dilaksanakan di Gedung Wiyono Siregar (GSG) Polda Lampung dengan target 200 kantong darah, kata Pandra.

Lanjut Pandra, tanggal (26/6) secara serentak bersama unsur tiga pilar TNI-Polri-Pemda melaksanakan Serbuan Vaksinasi TNI-Polri di 217 lokasi di Provinsi Lampung, target vaksin yang disalurkan sebanyak 33.198 vaksin, secara simbolis vaksinasi tersebut di hadiri Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno dan Waka Polda Lampung Brigjen Pol Subiyanto di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Lampung (Unila), hasil dari kegiatan Serbuan Vaksinasi TNI-Polri tersebut melebihi target yaitu sebanyak 42.754 orang yang divaksin dan vaksinasi ini akan dilaksanakan sampai dengan tanggal 1 Juli 2021.

Masih dalam rangkaian kegiatan Hari Bhayangkara ke-75 pada (28/6) secara simbolis Irjen Pol Hendro menyerahlan kendaraan bermotor (ranmor) hasil ungkap C3 periode (18/5) sampai (27/6) kepada pemiliknya, pada kegiatan tersebut Polda Lampung berhasil mengamankan 60 unit kendaraan bermotor dengan rincian 51 unit kendaraan roda dua dan 9 unit kendaraannroda empat.

Tanggal (29/6) Kapolda Lampung pimpin upacara ziarah rombongan Taman Makam Pahlawan yang merupakan pembinaan tradisi dalam rangka Hari Bhayangkara ke-75 tahun 2021 dan salah satu bentuk penghormatan terhadap arwah para pahlawan yang telah gugur. Semua rangkaian kegiatan Hari Bhayangkara ke-75 tahun 2021 dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mengurangi penyebaran pandemi Covid-19.

Sebagai penutup rangkaian kegiatan Hari Bhayangkara ke-75 tahun 2021 Polda Lampung dan Polres Jajaran akan melaksanakan Upacara Korp Raport Kenaikan Pangkat pada tanggal (1/7) sebagai bentuk penghargaan kepada personil Polda Lampung.

Pada hari dan tanggal yang sama, setelah dilaksanakan Upacara Korp Raport Kenaikan Pangkat Personil Polri akan dilanjutkan dengan acara puncak yaitu Upacara peringatan Hari Bhayangkara-75 tahun 2021 yang dilakukan secara virtual account langsung dari Istana Merdeka Jakarta dengan Inspektur Upacara Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo dan pemberian penghargaan Bintang Jasa Nararya secara langsung oleh Presiden RI kepada Anggota Polri yang telah berjasa secara luar biasa pada bidangnya, dilanjutkan dengan acara Syukuran Hari Bhayangkara ke-75 yang akan di laksanakan secara virtual account dari Mabes Polri dipimpin langsung oleh Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo.(rl)

LEAVE A REPLY