Pekon Sinar Mulyo Dinobatkan jadi Kampung Tangguh Nusantara

0
75
Peresmian Pekon Sinar Mulyo, Kecamatan Pulau Panggung, Kabupaten Tanggamus, sebagai KTN./Sultan Effendi

Gerbang1news.com, Tanggamus – Pekon Sinar Mulyo, Kecamatan Pulau Panggung, Kabupaten Tanggamus, Resmi menjadi kampung tanggung nusantara’ (KTN) tingkat kecamatan, untuk peresmian KTN tersebut langsung dipimpin oleh Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya, SIK, Jumat (26/2/2021).

Dalam sambutanya Kapolres Tanggamus, mengucapkan terima kasih kepada jajaran Uspika dan Kepala Pekon yang telah menjadikan KTN Sinar Mulyo dengan segala upaya bersama dan sinergitas yang baik.

Kepada masyarakat, Kapolres juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mendukung adanya KTN tingkat Kecamatan Pulau Panggung, juga tidak adanya penyebaran Covid-19 didukung tersedianya ketahanan pangan.

Usai memberikan sambutan, dalam kegiatan tersebut Kapolres, juga melakukan peresmian dengan ditandai menabuh gong, memotong pita peresmian Posko KTN, pengecekan sarana dan prasarana rumah isolasi.

Dalam rangkaian kegiatan, Kapolres didampingi Uspika juga melakukan pengecekan hasil ketahanan pangan di pekon setempat dan melaksanakan ramah tamah di halaman rumah Kepala Pekon Sinar Mulyo.

Kapolsek Pulau Panggung Iptu Musakir mengatakan, bahwa semua Pekon mempunyai kewajiban untuk membuat kampung tangguh, yang kuat, tahan banting dari segala situasi karena ini situasi pandemi.

“Maka dari itu kami menunjuk kampung Sinar Mulyo, dengan kriteria saat ini tidak ada yang terkonfirmasi positif Covid-19, dan yang kedua ketika saya sampaikan kepada kepala pekon beliau langsung respon dan siap mendukung apa yang kita gulirkan,” kata Iptu Musakir.

Lanjutnya, diresmikannya KTN Sinar Mulyo juga berasal dari sinergitas Polri dengan seluruh stakeholder yang ada dengan didorong oleh Kasat Binmas tergelarnya kampung tangguh yang ada di wilayah hukum Polres Tanggamus.

“Untuk di Pulau Panggung ini merupakan kecamatan yang pertama setelah itu akan di launching kembali Kecamatan Air Naningan dan Kecamatan Ulu Belu,” tandasnya.

Ditempat sama, Kasat Binmas AKP Hi. Irfansyah Panjaitan menjelaskan Kampung Tangguh Nusantara atau yang disingkat KTN adalah program Kapolri 100 hari kemudian ada intruksi dari Menteri Dalam Negeri nomor 3 tahun 2001 tentang pembentukan posko tangguh atau kampung tangguh nusantara.

“Oleh karena itu setiap Kabupaten dibentuk ditingkat Kecamatan kemudian setiap desa dibentuk kampung tangguh ini kampung tangguh tingkat kecamatan yang ke 4 di launcing oleh Kapolres yang pertama Sumberejo kemudian Cukuh Balak kemudian Pugung dan ini kita di Kecamatan Pulau Panggung,” jelasnya.

Sambungnya, kemudian akan dilaunching lagi di Kota Agung Timur dan selanjutnya ada 20 kecamatan yang akan di launching, hingga KTN tingkat desa/pekon.

“Untuk tingkat pekon ini akan dilaunching oleh Kapolseknya sendiri sesuai dengan arahan bapak Kapolri, Kapolda dan Kapolres,” tutupnya.

Sementara itu menurut Kakon Sinar Mulyo Handoko bahwa atas diresmikannya KTN tingkat kecamatan Pulau Panggung, pihaknya dan masyarakat sangat mendukung sebab merupakan upaya bersama dalam memutus mata rantai Covid-1o.

“Untuk dukungan masyarakat tentunya baik dan positif dan kita juga disini Alhamdulilah belum ada yang terpapar Covid, jadi ini untuk mengingatkan kita untuk kedepannya agar tetap menjaga sinegritas bersama,” ucap Handoko.

Dipihak lainnya, yakni KUPT Kesehatan Pulau Panggung Dedi Heriyanto, menyampaikan bahwa pihak kesehatan memberikan dukungan penuh melalui penyiapan peralatan di rumah isolasi dan menerjunkan bidan desa.

Selain peralatan rumah isolasi, bidan desa bersama-sama Uspika sosialiasai pencegahan, penegakan disiplin protokol kesehatan guna memutus mata rantai Covid-19.

“Harapan khususnya di KTN Pekon Sumber Mulyo dan umumnya Kecamatan Pulau Panggung dapat zero covid,” harapnya.

Turut menghadiri peresmian KTN tersebut, ketua MUI tanggamus KH.Wahid Zamas, Kasat Binmas polre tanggamus AKP Hi.Irfansyah Panjaitan, Kapolsek Pulau Panggung Iptu Musakir, SH, Danramil Pulau Panggung Letda Mahroi, Camat Drs. Thalud, KUPT Kesehatan Dedy Heryanto, S.kom, KSPLP Amuhaisin, S.Ag, dan Kepala Pekon Sinar mulyo Andoko. (Tan)

LEAVE A REPLY