Bupati Dewi Handajani Apresiasi Baznas Tanggamus

0
89
Bupati Tanggamus Dewi Handajani menyalurkan bantuan dari Baznas kepada warga./Sultan Effendi

Tanggamus, GL – Bupati Tanggamus Dewi Handajani, menghadiri Pendistribusian Zakat Infaq Sedekah Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tangggamus, di Masjid Al Ikhlas Kotaagung, Jum’at (22/1/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Inspektur Daerah Ernalia, Kabag Kesmas Arpin, Ketua Baznas Tanggamus Ibnu Nizar, Kepala BPRS Syariah Tanggamus Falachi Fadholi, Camat Kotaagung Erlan Deni Saputra dan Lurah Pasar Madang.

Bupati Dewi Handajani mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi Baznas Kabupaten Tanggamus yang telah bekerjasama secara optimal, bersih, amanah dan profesional, serta dapat membuat program-program pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan umat.

“Contohnya seperti saat ini, melalui penyaluran dan pendistribusian Infaq dan sedekah kepada masyarakat yang berhak menerima. Dimana pada hari ini disampaikan melalui Badan Pengurus Masjid Al-Islah Kelurahan Pasarmadang,” kata Bupati.

Bupati mengatakan, bantuan yang diserahkan tersebut merupakan hasil dari pengumpulan zakat yang dikelola oleh Baznas Kabupaten Tanggamus dari para Muzakki yang telah menyerahkan atau membayar zakat.

“Oleh karenanya kepada seluruh Muzakki di Kabupaten Tanggamus yang telah menyerahkan kewajiban zakat, kami ucapkan terima kasih dan mudah mudahan mendapat ganjaran pahala dari Allah SWT, dan rezekinya selalu dilipat gandakan oleh Allah SWT,” ujar Bupati.

Bupati menegaskan, zakat adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap Muslim yang memenuhi syarat sesuai dengan syariat Islam yang disebut Muzakki (wajib zakat).

“Karena itu, saya imbau agar kita turut mengajak warga Tanggamus meningkatkan kesadaran akan pentingnya membayar zakat dan menyalurkannya kepada Badan Amil Zakat yang ada di Tanggamus. Saya berkeyakinan, bila hal itu berjalan optimal, insya Allah dengan keberadaan umat Islam yang besar, potensi zakat dapat dijadikan basis kekuatan ekonomi umat dan meningkatkan kesejahteraan,” harap Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengimbau masyarakat Tanggamus agar selalu patuh dan disiplin untuk mengikuti anjuran protokol kesehatan.

“Kita harus menerapkan aturan jaga jarak, pakai masker, dan selalu mencuci tangan di air mengalir. Karena seperti kita ketahui bersama bahwa penularan wabah ini sudah semakin masif dan tak terkendali, makanya kita harus selalu mengutamakan protokol kesehatan di Kabupaten Tanggamus ini, agar Tanggamus dari zona merah kembali seperti sedia kala, dan aktifitas masyarakat kembali normal seperti biasanya,” pungkas Bupati.

Sebelumnya Ketua Baznas Tanggamus, Ibnu Nizar, dalam laporannya menyampaikan bahwa bantuan yang akan didistribusikan hari ini berupa 5 unit Gerobak Berkah untuk 5 Pedagang makanan/minuman. Lalu pembagian Bank Makanan yang akan dibagikan kepada Tukang Ojek, Pedagang Kecil dan Supir Angkot, yang berupa ikan, susu, kedelai, nasi kotak dan lain lain. Ada juga bantuan uang tunai untuk transport Bapak Mulyadi, yang saat ini anaknya sedang menjalani operasi di Rumah Sakit.

Ibnu Nizar melanjutkan, bahwa zakat mal dan infaq yang diperoleh merupakan zakat dan infak yang dikoordinasikan oleh Bupati Tanggamus.

Adapun dana yang terkumpul pada bulan Januari, yang bersumber dari OPD dan Kecamatan Pemkab Tanggamus, Kementerian Agama Tanggamus, dan hamba Allah yaitu sebesar : Rp.55.083.152,00, dengan perincian ; zakat mal sebanyak Rp.27.880.634,00 dan Infaq sebanyak Rp.27.202.518,00.

“Terima kasih kepada Ibu Bupati Tanggamus karena telah mengkordinasikan langsung seluruh ASN Tanggamus untuk tergerak hatinya untuk menyalurkan zakat, infaq dan sodakohnya langsung melalui kami,” pungkas Ibnu Nizar.(Tan)

Untuk pendistribusian bantuan, yaitu:
1. Program Kesehatan : Rp.7.700.000,00. Sudah terealisasi.
2. 1 Unit Freezer : Rp.2.200.000,00. Sudah terealisasi.
3. 10 Unit Kursi Roda : Rp.9.750.000,00. Sudah terealisasi 4 unit.
4. 6 Unit Gerobak Berkah : Rp.13.700.000,00. Sudah terealisasi.
5. Bank Makanan : Rp.4.500.000,00. Sudah terealisasi.
6. Uang Tunai : Rp.1.750.000,00. Sudah terealisasi.
7. Program Kesehatan Rp.2.500.000,00. Sudah terealisasi.
Dengan jumlah : Rp.42.100.000,00.

LEAVE A REPLY