Langgar Protap Kesehatan, Panwaslu Sukadana akan Panggil Calon Bupati Lampung Timur

0
205
senam massal di lapangan Desa Muara Jaya tepatnya di Dusun 5, Kecamatan Sukadana diduga langgar protokol kesehatan./Ars

Gerbang1news.com, Lampung Timur – Kegiatan senam massal yang di duga bersamaan dengan kampanye kandidat paslon no urut 2 Saiful Bukhori diduga melanggar protokol tahapan (Protap) kesehatan Covid-19.

Kegiatan senam massal di lapangan Desa Muara Jaya tepatnya di Dusun 5, Kecamatan Sukadana dilaksanakan dengan berkecimpung tanpa menjaga jarak (sosial Distancing).

Menanggapi itu, Panwaslu Kecamatan Sukadana Jiman Suwanto mengatakan sangat menyesalkan jika ada kandidat calon yang tidak menaati aturan protokol kesehatan.

“Kami tidak melarang siapa saja untuk senam, tetapi ketika itu bermuatan politik, tidak mengindahkan protokol kesehatan dimasa pandemi covid-19. Maka itu masuk dalam unsur pelanggaran, apalagi sampai melakukan orasi untuk mengarahkan, memilih salah satu paslon, apalagi dikegiatan tersebut ada anak-anak,” sesalnya, Kamis (12/11/2020).

Dia juga menyayangkan pihak penyelenggara kedatangan yang tidak berkoordinasi sebelum mengadakan kegiatan senam bersama itu.

”Seharusnya pihak penyelenggara kegiatan memberitahu kami selaku pengawas pemilu di kecamatan sukadana, minimal Pengawas Kelurahan Desa (PKD)setempat diberitahukan. Tetapi ini tidak ada, dan ini jelas tidak dibenarkan, cetusnya.

Jiman Suwanto mengimbau kepada seluruh kordinator kegiatan yang berkaitan dengan pengumpulan massa di tahapan pilkada Lampung Timur yang sedang dijalani saat ini untuk menaati peraturan yang ditetapkan.

”Kita sedang kumpulkan bukti bukti kegiatan tersebut, ini kali kedua kordinator senam yang dihadiri paslon nomor urut 02 tidak ada pemberitahuan ke panwaslucam Sukadana,” tandas Jiman.

Sementara, pelaksana kegiatan senam bersama tersebut belum bisa dikonfirmasi terkait dugaan pelanggaran Protap kesehatan.(Ars)

LEAVE A REPLY