Pemkot Metro Bahas Keuangan Daerah Bersama Kementerian Keuangan

0
21
Walikota Metro Achmad Pairin bersama Kementerian Keuangan Sri Mulyani secara virtual membahas laporan keuangan daerah./Ist

Gerbang1news.com, Metro – Pemerintah Kota Metro membahas keuangan daerah bersama Kementerian Keuangan Sri Mulyani secara virtual di OR Setda setempat, Selasa (22/9/2020).

Dalam pembahasan itu, Walikota Metro Achmad Pairin, didampingi Pj. Sekda Kota Metro, Asisten II Sekda Kota Metro, Inspektur Kota Metro dan Kepala BPKAD Kota Metro mengikuti Daring Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah.

“Rakernas kali ini sangat istimewa karena dilaksanakan secara berbeda yakni melalui daring, dengan mengangkat tema tantangan akuntabilitas keuangan negara dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional dari sinergritas berbagai pihak negara dan pemerintah. Saya juga menyampaikan bahwa acara pada hari ini diikuti kurang lebih 1000 peserta, yakni para BPK, Menteri Keuangan, pemerintah pusat dan daerah, para akademisi, serta mahasiswa,” ujarnya Direktur Jenderal Pembendaharaan Kementerian Keuangan, Andin Hadiyanto.

Menurut dia, menyampaikan laporan penyelenggaraan merupakan agenda tahunan yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2008 lalu, serta pemberian apresiasi kepada Kementerian Negara dan Pemerintah Daerah dalam persiapan penyusunan laporan keuangan tahun 2020.

Sementara Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan Rakernas pada tahun ini berkaitan dengan penanganan Covid-19, karena tema yang diusung begitu sangat mengena dan relevan, mengingat Indonesia sedang mengalami bencana wabah Covid-19. Untuk itu, pemerintahan berupaya memulihkan perekonomian masyarakat yang terkena dampak tersebut.

“Saya mengapresiasi semua pihak yang sudah secara profesional, akuntabel dan transparan dalam mengelola keuangan negara. Disamping itu, kami juga mengapresiasi BPK sebagai eksternal editor seluruh laporan statistik keuangan pemerintah baik pusat, daerah dan lembaga,” imbuhnya.

Sri Mulyani juga menyampaikan, acara ini juga merupakan rangkaian yang tidak terputus dalam menjaga sikap laporan keuangan secara transparan, akuntabel, dan profesional.

Dalam rakernas tersebut, ditampilkan juga para penerima penghargaan WTP ke-10 kali, salah satunya Kota Metro.(rl)

LEAVE A REPLY