Pasien Covid-19 Asal Metro Pusat Dikabarkan Meninggal Dunia

0
213
Ketua Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kota Metro, Achmad Pairin./Putra

Gerbang1news.com, Metro – Seorang warga asal Hadimulyo Barat, Metro Pusat diduga meninggal dunia karena Covid-19, Selasa (15/9/2020) malam .

Proses pemakaman jenazah pasien nomor 19 itu dilakukan di lahan pemakaman Covid-19 di Metro Selatan dengan penerapan protokol kesehatan.

Ketua Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kota Metro Achmad Pairin mengungkapkan, menurut riwayat penyakitnya pasien 19 tersebut menderita penyakit penerta seperti stroke.

“Meninggal dunia tadi malam. Setelah dilakukan test tersebut didapatkan bahwa dari hasik rapid test pasien reaktif dan dari test swab pasien tersebut positif Covid-19. Selanjutnya, pasien 19 dimakamkan dengan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah,” ujarnya.

Dijelaskannya, Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kota Metro juga telah melakukan sterilisasi di rumah pasien 19.

“Untuk rumah pasien wajib disterilkan dan orang-orang yang melakukan kontak fisik dilakukan uji kesehatannya dengan melakukan rapid test dan Swab,” katanya.

Dijelaskannya, pasien 19 diketahui memiliki riwayat penyakit penyertaan. Lalu menerima kedatangan kerabatnya dari luar daerah.

“Bisa jadi pasien ini sebelumnya tidak menderita Covid-19 namun setelah dijenguk oleh saudara nya yg berasal dari Jakarta barulah pasien ini menderita Covid-19, karena seperti yang kita ketahui bahwa penyakit ini tidak terlihat dan bisa disebarkan melalui kontak fisik bisa saja kita merasa sehat namun sebenarnya kita jg memiliki potensi untuk menyebarkan atau terjangkit virus Covid-19 ini,” jelasnya.

Pairin mengimbau masyarakat untuk patuh terhadap aturan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat dan daerah.

“Saya menghimbau untuk seluruh masyarakat Kota Metro agar selalu menggunakan masker, rajin mencuci tangan dan rutin olahraga. Serta jangan lupa untuk selalu menjaga jarak dan menerapkan Social Distancing,” pungkasnya.(Put)

LEAVE A REPLY