DPRD Metro Mulai Bahas APBD Perubahan

0
103
Rapat Paripurna DPRD Kota Metro tentang RAPBD-P anggaran tahun 2020./Putra

Gerbang1news.com, Metro – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro, mulai membahas anggaran pendapatan dan belanja daerah – perubahan (APBD-P) tahun 2020, Senin (7/9/2020).

Paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Kota Metro, Tondi MG Nasution.

“Pembahasan program pembangunan anggaran perubahan merupakan upaya berkesinambungan dalam merealisasikan RPJMD Kota Metro,” kata dia.

Walikota Metro Achmad Pairin menjelaskan pengeluaran pembiayaan pada perubahan dana Anggaran APBD Tahun 2020 mengalami kenaikan sebesar 381 juta dua ratus Rp1.939 dari anggaran semula sebesar 65 miliar 930 juta Rp669.965 menjadi 101 miliar 211 juta 900 Rp11.904 atau sebesar 53,5 persen.

“Tujuan rapat ini diadakan untuk dapat mengakomodir pergeseran anggaran antar organisasi dan pembelanjaan, proses perubahan ini ditujuan karena keadaan yang menghawatirkan pada masa Pandemi Covid-19 di Kota Metro,” ucap pairin.

Disampaikan Pairin, angka pengangguran makin naik dan ekonomi daerah makin menurun dari target sebelumnya dimana penurunan ini terjadi pada golongan masyarakat ekonomi micro dan ekonomi makro.

Penanganan dampak pandemi Covid-19 pada sisi ekonomi masyarakat diatasi dengan memberikan bantuan kepada masyarakat miskin atau masyarakat kurang mampu

“Kegiatan penangan Covid-19 dibagi menjadi 3 yaitu penanganan kesehatan, penangan ekonomi dan penanganan daya beli masyarakat,” ujarnya.

Dia berharap rancangan perubahan APBD tahun 2020 bisa berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

“Sebelum saya mengakhiri pidato ini saya mengucapkan rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh anggota Dewan yang berkenan hadir untuk membahas rapat paripurna ini, dan saya harapkan semoga apa yang menjadi harapan dan tujuan kita semua dapat terlaksana,” tutupnya.(Put)

LEAVE A REPLY