Ngluruk ke DPRD, LSM GMBI Way Kanan Tolak RUU HIP

0
129
Puluhan massa LSM GMBI melakukan aksi damai tolak RUU HIP di depan kantor DPRD Way Kanan./Deky Saputra

Gerbang1news.com, Way Kanan – Puluhan massa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Distrik Way Kanan ngluruk ke kantor DPRD setempat, Senin (6/7/2020).

Puluhan massa tersebut tegas menolak rancangan undang-undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP) yang saat ini masih dalam pembahasan di DPR RI.

Ketua Dewan Pimpinan Wilter LSM GMBI Propinsi Lampung, Ali Mukhtamar Hamas mengatakan, LSM GMBI Propinsi Lampung, mengatakan aksi menolak RUU HIP tersebut merupakan pernyataan dari hati nurani sebagai masyarakat yang mencintai Pancasila secara utuh.

“Walaupun saat ini pembahasan RUU HIP ditunda, namun penolakan terhadap RUU HIP tersebut terus mengalir, dan harus dilakukan,” katanya.

Menurut dia, Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara merupakan norma paling tinggi dan dasar falsafah negara, dikhatirkan dengan adanya RUU HIP, menurunkan nilai Pancasila sebagai dasar falsafah bangsa dan merendahkan posisi Pancasila.

Ketua DPD LSM GMBI Way Kanan, Subeki Angga Saputra menilai penafsiran Pancasila secara autentik ada dalam pasal-pasal UUD 1945 yang telah disepakati bersama.

“RUU HIP ini tak memperhatikan norma dalam Pasal 2 UUD 1945, RUU HIP itu menghianati Pancasila dan kesepakatan para pendiri bangsa yang mewakili seluruh komponen bangsa yang disepakati dalam berbagai dokuman autentik,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu massa, LSM GMBI Way Kanan menemui Ketua DPRD Nikman, Wakil Ketua Romli dan Ketua Komisi 1 DPRD Way Kanan Rojali. Wakil rakyat di Way Kanan berjanji akan melanjutkan aspirasi puluhan massa tersebut ke DPR RI.(Dky)

LEAVE A REPLY