Polres Tulang Bawang Tunjuk Tiga Kampung Sebagai Pilot Project Kampung Tangguh Nusantara

0
71
Pelatihan pengurus Kampung Tangguh Nusantara (KTN) di Balai Kampung Panca Karsa Purna Jaya, Kecamatan Banjar Baru./Nurwan

Gerbang1news.com, Tulang Bawang – Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) Polres Tulang melaksanakan pelatihan kepada pengurus Kampung Tangguh Nusantara (KTN), Rabu (24/06/2020), di Balai Kampung Panca Karsa Purna Jaya, Kecamatan Banjar Baru.

Wakapolres Kompol Eko Nugroho, SIK yang membuka kegiatan pelatihan Kampung Tangguh Nusantara (KTN) mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan itu untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman bagi pengurus untuk lebih tanggap dalam menghadapi Covid-19.

“Apabila di kampungnya nanti terdapat warga yang terindikasi terpapar Covid-19, pengurus yang telah mendapatkan pelatihan ini langsung bisa mengambil langkah-langkah lebih lanjut sehingga kampung tersebut menjadi kampung tangguh dalam berbagai bidang,” ujar Kompol Eko.

Ditampat yang sama, Kapolres Tulang Bawang AKBP Andy Siswantoro, SIK yang menjadi Narasumber dalam kegiatan pelatihan kepada pengurus Kampung Tangguh Nusantara (KTN) mengatakan, Covid-19 ini belum tahu kapan akan berakhirnya karena sampai saat ini masih belum ditemukan vaksinnya.

“Semua ekonomi di dunia menjadi hancur apalagi usaha yang berskala makro akibat pandemi Covid-19 ini, untuk itu kita semua harus segera menyesuaikan dengan keadaan yang sekarang dengan tetap memprioritaskan protokol kesehatan,” ujar AKBP Andy.

Dia menambahkan, jalan keluar dari permasalahan yang kita semua hadapi saat ini adalah dengan bergotong royong dan membuat ketahanan pangan yang ada di kampung. Untuk itulah kita bentuk pilot project Kampung Tangguh Nusantara (KTN) di Kabupaten Tulang Bawang.

Kapolres menjelaskan, ada tiga Kampung yang telah kita tunjuk sebagai sebagai pilot project Kampung Tangguh Nusantara (KTN) yaitu : Kampung Panca Karsa Purna Jaya, Kampung Panca Mulia, Kecamatan Banjar Baru dan Kampung Tri Makmur Jaya, Kecamatan Menggala Timur, Kabupaten Tulang Bawang.

“Dengan telah ditunjuknya tiga Kampung tersebut sebagai pilot project Kampung Tangguh Nusantara, diharapkan bisa menjadi contoh untuk kampung-kampung lainnya yang ada di Kabupaten Tulang Bawang dalam penanganan Covid-19 dan dapat secara maksimal memanfaatkan lahan yang ada di kampung sebagai basis ketahanan pangan untuk masyarakatnya,” jelas AKBP Andy.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga ada pemaparan Narasumber dari Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulang Bawang.

Tampak hadir dalam kegiatan ini, Kapolres, Wakapolres, Kabag Ops Kompol Yudi Pristiwanto, SH, Kasat Intelkam Iptu Dedy Yohanes, Kasat Binmas Iptu Joni Abdullah, Panit 1 Binmas Polsek Banjar Agung Iptu Edy Saderi, Kepala Kampung (Kakam) Panca Karsa Purna Jaya, Kakam Panca Mulia, Kakam Tri Makmur Jaya, Bhabinkamtibmas dan peserta pelatihan sebanyak 40 orang.(Wan)

LEAVE A REPLY