Fritz bersama Masako Chowdhury Bahas Dampak Covid-19

0
54
Fritz Akhmad Nuzir bersama Masako Chowdhury, perwakilan dari pemerintah kota Kitakyushu, Jepang
Saat diskusi daring Covid-19./Ist

Gerbang1news.com, Metro – Fritz Akhmad Nuzir bersama Masako Chowdhury, perwakilan dari pemerintah kota Kitakyushu, Jepang
melakukan diskusi daring membahas dampak covid-19, Sabtu (12/4/2020).

Masako menjelaskan, kota Kitakyushu saat ini menjadi salah satu kota di Jepang yang diberlakukan status darurat (state of emergency) karena termasuk dalam wilayah perfektur Fukuoka. Di mana saat ini sudah tercatat cukup banyak kasus positif COVID-19.

Dengan status ini, banyak himbauan dari pemerintah kota untuk warganya. Salah satu yang terpenting adalah untuk menghindari tiga tempat yaitu crowded space (tempat keramaian), closed space (tempat tertutup), dan close-contact (kontak fisik yang dekat).

Namun demikian, menurut Masako, jika sebelum status ini diberlakukan orang-orang menganggap seperti liburan panjang karena kampus dan sekolah ini diliburkan, saat ini suasana kota benar-benar sepi karena orang-orang tidak meninggalkan rumah lagi.

“Pada dasarnya pemerintah Jepang memang memberi tunjangan hidup untuk kalangan masyarakat ekonomi lemah disana, sehingga walaupun pemerintah memberi maklumat untuk tidak beraktivitas warga Jepang tidak begitu bingung dan khawatir akan penghasilannya,” lanjutnya.

Masako bercerita bahwa dahulu pernah mengalami pencemaran lingkungan yang sangat parah di Kitakyushu.

“Iya dulu disini pernah ada dampak dari industri yang sangat parah namun dari situ pemerintah bersama warga dan pelaku industri melakukan kerjasama yang sangat bagus untuk merubah kota menjadi kota yang ramah lingkungan,” ungkapnya.

Dirinya pun menjelaskan bahwa kondisinya sudah berubah. “Dulu kesadaran masyarakat terhadap lingkungan sangat tinggi terutama ibu-ibu. Namun sekarang dalam masa pandemi ini kesadaran masyarakat masih kurang,”ucapnya.

Sementara, Fritz Akhmad Nuzir Founder Metro Kita Center (MKC) yang juga Balon Wakil Walikota Metro mengungkapkan dalam Pandemik Corona seperti saat ini semua harus waspada dan melakukan upaya pencegahan yang baik.

Salah satu yang bisa dicontoh dari Kitakyushu adalah bagaimana informasi resmi dan himbauan serta petunjuk dari pemerintah kota dapat tersampaikan dengan baik ke seluruh lapisan masyarakat secara daring melalui website resmi pemerintah.

Menurut Fritz, acara diskusi daring ini merupakan bagian dari Serial Webinar MKC yang merupakan salah satu program rutin dari Metro Kita Center sebagai wadah pertukaran ilmu dan pengetahuan secara daring. Kedepannya webinar ini akan dilakukan secara berkala dengan tema dan pembicara yang menarik.(rl)

LEAVE A REPLY