Pencegahan Covid-19, Pemkab Waykanan Siapkan Dana Rp 8 Miliar

0
204
Sekdakab Waykanan, Saiful./Deky Saputra

Gerbang1news.com, Tulang Bawang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Waykanan, menganggarkan dana sebesar Rp 8 miliar untuk pencegahan dan penanggulangan Corona Virus Disease (Covid-19).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Waykanan, Saiful mengatakan, dana tersebut diprioritaskan untuk biaya pencegahan penyebaran virus Corona seperti melakukan sosialisasi, pembelian alat pelindung diri (APD), obat-obatan, pembelian alat penyemprotan dan bahan disinfektan, biaya operasional, serta pengadaan satu unit mobil ambulans khusus jika nanti diperlukan.

“Sudah kita hitung, kebutuhan anggarannya mencapai Rp 8 miliar sejak awal pencegahan dan penanganan yang telah kita lakukan sampai saat ini,” kata Saipul, Senin (30/3/2020).

Anggaran tersebut nantinya, lanjut Sekda, akan menggunakan tiga skala untuk penanganan Covid-19, yaitu skala pencegahan, skala penanganan dan dampak.

“Untuk skala berikutnya atau tahap kedua sedang dihitung, karena mengacu pada aturan Kementerian Keuangan dan Kemendagri, agar pemkab menyusun ulang anggaran yang ada atau memfokuskan kembali anggaran yang dapat digunakan untuk penanganan Covid-19,” jelasnya.

Dia menjelaskan, anggaran Rp 8 miliar bersumber dari pagu anggaran perjalanan dinas, kegiatan rakor, pengadaan barang dan jasa kantor, serta ditambah anggaran biaya tak terduga Pemkab Waykanan sebesar Rp 1 miliar. Hingga totalnya menjadi Rp 8 miliar.

“Ini untuk tahap awal yang sifatnya sangat mendadak dan genting, dengan adanya anggaran tersebut kita sangat mengharapkan pemkab akan semakin maksimal dalam menangani wabah yang sangat berbahaya ini sehinggaseluruh masyarakat yang ada di Waykanan ini bisa terhindar,” jelas Saipul.

Terhitung sejak 29 Maret 2020, berdasarkan data yang dihimpun, ada 46 orang dengan status orang dalam pemantauan (ODP) yang dirangkum sejak 15 Maret 2020.(Eky)

LEAVE A REPLY