IUI Pabrik Beras di Iringmulyo di Soal

0
86
Ketua Komisi III DPRD Kota Metro, Subhan./Ist

Gerbang1news.com, Metro – Pemberian IUI (Izin Usaha Industri) oleh Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPP-PTSP) Kota Metro untuk pabrik pengolahan beras di kelurahan Iringmulyo menuai reaksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota setempat.

Pasalnya IUI yang telah dikeluarkan belum lama itu tidak sesuai dengan PP No.105 tahun 2015 serta Perda No.1 tahun 2012 tentang RTRW kaitannya dengan kawasan industri.

Ketua Komisi III DPRD Metro, Subhan,SE mengatakan, pihaknya menyayangkan bila ada usaha industri sudah beberapa tahun beroperasi di Kota Metro ini yang tak memiliki izin.

“Saya sangat menyayangkan hal ini bisa terjadi, semestinya izin usaha industri itu terbit dahulu sebelum melaksanakan kegiatan industrinya. Apalagi pabrik sudah lama beroperasi,” ujar Subhan, Jumat (20/3/2020).

Dikatakan Subhan, jika Izin Usaha Industri diterbitkan beberapa hari lalu, dirinya berharap instansi terkait apakah telah memperhatikan ketentuan PP nomor 107 Tahun 2015 tentang Izin Usaha Industri.

“Intinya ikuti semua aturan yang ada dan, jika memang pabrik berdiri di kawasan pendidikan tidaklah sesuai. Sedangkan pemerintah Kota Metro telah menetapkan sendiri daerah kawasan industri adalah di Metro Utara,” jelas Subhan.

Ironisnya, Lurah Iringmulyo Kecamatan Metro Timur, Selamat mengaku tidak mengetahui jika ada pabrik pengolahan beras di wilayah kerjanya.

“Saya sudah berdinas selama tiga tahun di kelurahan Iringmulyo, tetapi tidak mengetahui ada pabrik pengolahan beras,” ungkap Selamat.(tim)

LEAVE A REPLY