Wabup Apresiasi Perlombaan dan Pelatihan PMR Tingkat Regional Kabupaten Waykanan-OKU Timur

0
236
Wakil Bupati Waykanan, Edward Antony menghadiri pembukaan lomba PMR Tingkat Wira./Deky

Gerbang1news.com, Waykanan – Wakil Bupati Waykanan Edward Antony menghadiri pembukaan lomba PMR Tingkat Wira di Lanudad Gatot Subroto Way Tuba, Jumat (7/2/2020).

Dalam sambutannya, Edward Antony mengapresiasi kegiatan yang merupakan kerjasama antara skuadron 12/ Tempur, PMI Waykanan dan PMI OKU Timur.

“Dengan diadakan kegiatan seperti ini, mudah-mudahan akan jadi bekal bagi para remaja dalam menjalankan tugas-tugas kemanusiaan kegiatan pada hari ini sangat positif bagi pemuda kita. Diharapkan dari perlombaan dan pelatihan ini dapat digunakan sebagai salah satu kegiatan agar para pemuda tidak terjerumus kedalam kenakalan remaja yang semakin lama semakin memprihatinkan,” kata Edward Antony.

Dengan adanya lomba tersebut, dia berharap generasi muda lebih menghabiskan sebagian besar waktunya untuk kegiatan-kegiatan lain yang lebih bermanfaat dan kearah yang positif.

PMR ini juga merupakan organisasi yang nantinya akan memunculkan para relawan muda yang berkompetensi, sehingga dengan semakin banyaknya generasi muda yang memiliki jiwa kemanusian yang tinggi maka kehidupan ini akan dapat berjalan dengan baik.

Sebanyak 455 Pelajar utusan dari 17 Sekolah SMA/SMK asal Waykanan dan 18 Sekolah SMA/SMK asal Kabupaten OKU Timur, Sumsel mengikuti perlombaan tersebut.

Adapun pelatihan dan perlombaan yang dilaksanakan yaitu, Lomba Pertolongan Pertama, Lomba Cipta Tandu Darurat, Lomba Pasang Bongkar Tenda, Lomba Yel Yel dan Pentas Seni.

Sedangkan untuk lelatihannya yaitu, pelatihan untuk mengatasi rintangan alam, Praktik Navigasi Membaca Peta Darat skala 50 ribu. Kerja sama pelayanan dapur umum lapangan, teknik komunikasi antar relawan ke posko utama ke Hlikopter dan Komunikasi sesama relawan.

Selanjutnya, Pelatihan Teknik menaikkan dan menurunkan korban ke Helikopter dan Ambulans, serta pelatihan teknik pelaporan administrasi tertulis oleh tim menggunakan riwayat penderita atau kartu luka.(Eky)

LEAVE A REPLY