Diskes Tubaba akan Luncurkan Program Pusling Q-Sehat

0
103
Rakor peningkatan pelayanan kesehatan Diskes Tubaba bersama rumah sakit dan puskesmas setempat./Hasan

Gerbang1news.com, Tulang Bawang – Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) meluncurkan program unggulan Pusling Q-Sehat untuk memberikan pelayanan kesehatan maksimal pada masyarakat.

Kepala Diskes Tubaba, Majril, S.Kep.,Ns.,MM, meminta dukungan dan kerjasama dari berbagai organisasi perangkat daerah dan element masyarakat dalam mensukseskan program yang digulirkan tersebut.

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada bapak ibu Kepala UPT Puskesmas se-Tubaba, Direktur RSUD Tubaba dan semua teman-teman yang hadir. Dan saya juga memohon dukungan dan kerjasamanya, saling mensupport, bahu membahu, memberikan sumbangsih tenaga dan pemikiran untuk mewujudkan masyarakat sehat di Tubaba ini,” katanya saat Rapat koordinasi (Rakor) bersama sejumlah rumah sakit dan Puskesmas di Balai Tiyuh Daya Asri Kecamatan Tumijajar, Kamis (13/2/2020).

Majril menjelaskan, isu-isu strategis dalam upaya meningkatkan pembangunan bidang kesehatan di Tubaba juga disampaikan dalam kesempatan itu. Diantaranya berbagai program kerja yang sedang dijalankan, dan program unggulan yang akan segera di launching dalam waktu dekat ini yaitu program “Pusling Q-Sehat”.

“Dalam kesempatan ini saya juga akan menyampaikan program unggulan yang akan saya louncing dalam waktu dekat ini, yaitu program Pusling Q-sehat,” ujarnya

Majril menambahkan, program tersebut bertujuan memaksimalkan sarana mobil Puskesmas Keliling yang memang sudah ada di puskesmas-puskesmas.

“Tujuan nya adalah dekatkan pelayanan kita dengan masyarakat, jangan hanya menunggu masyarakat yang datang ke puskesmas. Tapi kita kunjungi mereka, kunjungi tiyuh-tiyuh yang jauh dari puskesmas, berikan mereka penyuluhan tentang cara hidup sehat, obati mereka yang sakit, bahkan kalau mereka tidak bisa ditangani ditempat karena membutuh kan perawatan, rujuk mereka ke RSUD kita, biar RSUD kita juga hidup karena ada pasien nya,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Asisten bidang pemerintahan dan sosial pemkab Tubaba, Agus Subagiyo, menekankan penting nya kerjasama dan kerja tim terlebih dalam bidang kesehatan.

“Kepemimpinan pak Majril ini harus bapak ibu dukung untuk melaksanakan tugas-tugasnya. Sebab dinas kesehatan ini memikul tanggung jawab yang berat, karena di undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Maka urusan kesehatan ini adalah urusan wajib pelayanan dasar nomor dua setelah pendidikan, oleh karenanya mohon kita semua untuk bekerja dengan baik,” ujar dia.

Agus Subagiyo juga langsung mengecek kehadiran Direktur RSUD, para kepala UPT Puskesmas, kepala Tata Usaha, bidan koordinator dan para dokter yang hadir. Mengakhiri sambutannya asisten 1 mengapresiasi acara rakor, program unggulan yang akan segera di louncing dan membuka secara resmi acara rakor tersebut.

“Berbagai program-program kesehatan serta upaya meningkatkan optimalisasi kinerja aparatur kesehatan,i peningkatan pelayanan dasar kepada masyarakat, juga dipaparkan oleh masing-masing kepala bidang dan kepala seksi di lingkup dinas kesehatan,” imbuhnya.(San/Dan)

LEAVE A REPLY