Disdik Tulang Bawang Deklarasi Sekolah Ramah Anak

0
108
Kegiatan sosialisasi dan deklarasi sekolah ramah anak di SMP 02 Menggala Kabupaten Tulang Bawang./Nurwan

Gerbang1news.com, Tulang Bawang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang melalui Dinas Pendidikan (Disdil) setempat mensosialisasi dan Mendeklarasikan sekolah ramah anak (SRA) di SMP 02 Menggala, Kamis (20/2/2020).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tulang Bawang, Nasaruddin mengatakan bahwa parakdima anak dalam melakukan sikap dan perbuatan harus selalu dalam pengawasan.

“Alat disiplin takut ternyata salah, yang benar ialah pendidikan itu bisa berhasil dengan hati yang bersih dan pemikiran yang cerah nah setelah ini selesai kita akan menerapkan sekolah ramah anak sampai saat ini sudah ada sekitar 52 sekolah yang sudah menandatangani deklarasi ramah anak,” ungkap Nasaruddin mewakili Bupati Tulang Bawang Hj.Winarti SE.MH.

Menurut Nasaruddin, orang tua dan guru menjadi ujung tombak dalam tingkah laku hingga kecerdasan sang anak.

“Kalau ada anak yang tidak naik kelas atau anak yang berhenti sekolah, itu berarti kurang perhatian guru sekolah dan orang tua,” ujarnya.

Fasilitator dalam kegiatan tersebut Dr Sowiyah.S.pd, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tulangbawang Hj, Winarti. SE,MH dan kepala dinas pendidikan yang sudah mensukseskan program sekolah ramah anak (SRA) dan telah sosialisasi kepada sekolah-sekolah

“Alhamdulillah mulai sekarang Kabupaten Tulang Bawang sudah memiliki payung hukum yang mengatur untuk anak dan mudah- mudahan di semua kabupaten bisa menjadi kabupaten yang Ramah anak,” kata Sowiyah.

Dia mengatakan, konvensi hak anak (KHA) ini udah di sosialisasi kepada sekolah-sekolah termasuk kovensi kepada Dinas supaya bisa mewujudkan kabupaten ramah anak.

Selain itu, dia menambahkan, kegiatan tersebut juga untuk mengantisipasi tindakan kekerasan kepada anak.

“Seperti yang di ketahui bahwa dalam rangka mensukseskan program pemerintah sekolah ramah anak, dinas pendidikan melakukan sosialisasi dan deklarasi sekolah ramah anak dan Pelatihan konvensi hak anak untuk menjaga generasi penerus bangsa,” imbuhnya.

Dalam acara tersebut di hadiri oleh fasilitator Nasional Dr. Sowiyah.M.pd kepala dinas pendidikan Nasaruddin SH.MH, kepal dinas kesehatan Hi.Fatoni S kep, seketaris dan kanit dinas perlindungan anak dan perempuan, camat Menggala dan seluruh kepala sekolah SMP di Menggala.(Wan)

LEAVE A REPLY