Ini Penjelasan Sekda Lampung Utara Soal Tunggakan ADD 2019

0
691
Plh Sekda Kabupaten Lampung Utara, Sofyan./Oja

Gerbang1news.com, Lampung Utara – Polemik Anggaran Dana Desa (ADD) Kabupaten Lampung Utara tahun 2019 yang belum terbayarkan, akhirnya menemui titik terang.

Pelaksana Harian (Plh) Sekda Kabupaten Lampung Utara, Sofyan mengatakan ADD tahun 2019 yang belum terbayarkan selama sembilan (9) bulan rencananya akan di bayar melalui dua tahap.

“Pencairan empat bulannya di Januari ini. Sisanya yang lima bulan di bulan Februari mendatang. Sesuai kesepakatan pada saat aksi damai lalu,” kata Sofyan, di ruang kerjanya, Senin (27/1).

Menurutnya, belum terbatasnya ADD tahun 2019 lalu lantaran dana yang tersedia dalam rencana penyusunan anggaran melalui asumsi rencana belanja dan uang yang masuk termasuk minim. Sehingga mengalami tunggakan pembayaran.

Saat ini, lanjut dia, pemerintah Kabupaten Lampung Utara telah menyiapkan dana pembayaran pelunasan ADD.

“Anggarannya sudah ada di BPKAD, sebelum pengambilan harus menyelesaikan administrasi yang sudah di tentukan,” jelas dia.

Sementara, Ketua Apdesi Kabupaten Lampung Utara, Edwar mengatakan proses administrasi pencairan ADD tahun 2019 lalu membutuhkan waktu lama.

“Mekanisme pencairan harus memenuhi beberapa syarat diantaranya, harus menyelesaikan APBDes. Sementara kami selaku Kepala Desa tidak secepat itu membuat harus butuh waktu 1 sampai 2 bulan, semua tergantung dengan Rap. Selain itu Hlharus ada Perbup. Kalau Perbup belum di gelontorkan bagaimana kita bisa menyelesaikan administrasinya,” tambahnya.

Namun begitu, dia berjanji akan menyeselesaikan syarat administrasi secepatnya.

“Janji pemerintah akan mencairkan dana tersebut, kami juga sudah dipertanyakan selalu oleh aparat desa/ bawahan yang lain. Pemerintah Kabupaten harus memberikan kebijakan pula terhadap seluruh kepala desa terkait proses pencairan Dana Desa,” harapnya.(Oja)

LEAVE A REPLY