Djohan Minta Musrenbang Prioritaskan Usulan Masyarakat

0
116
Wakil Walikota Metro, Djohan memberikan sambutan di kegiatan Musrenbang kelurahan di Kelurahan Yosomulyo, Kecamatan Metro Timur./Ist

Gerbang1news.com, Metro – Wakil Walikota Metro, Djohan meminta usulan masyarakat menjadi prioritas dalam usulan setiap kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

Hal itu dikatakan Djohan saat mengakhiri Musrenbang tingkat kelurahan di Aula Kelurahan Yosorejo Kecamatan Metro Timur, Jumat (24/1/2020).

Dikatakan Djohan, kegiatan Musrenbang merupakan wujud yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat agar menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

“Kegiatan Musrenbang yang kita lakukan ini harus memprioritaskan usulan masyarakat melalui Musyawarah yang sudah ditentukan hasilnya bersama,” kata Djohan.

Djohan juga meminta Tim Teknis untuk turut serta dalam kegiatan administrasi di Kelurahan.

“Oleh karena itu, saya minta Tim teknis harus mengajarkan secara administrasi yang benar kepada petugas kelurahan. Dimana pada tahun ini anggaran dari pusat langsung digelontorkan ke kelurahan, yang sebelumnya berada pada kecamatan,” terang Djohan.

Djohan menambahkan, ada beberapa hal yang diperlukan dalam mengambil keputusan. Seperti usulan masyarakat akan dipilah kembali oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi dengan melihat urgensi dan sinergitas kebijakan pusat dan daerah.

“Untuk ruang terakhir, yaitu melalui APBD Kota Metro akan dipilah kembali setelah Dinas Teknis melakukan cek fisik ke lapangan dan mempertimbangkan kapasitas keuangan daerah,” tutup Djohan.

Sementara, Lurah Yosorejo Hendri Setiawan menjelaskan luas wilayah Kelurahan Yosorejo 1, 28 Km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 6.347 jiwa. Pemasukan Daerah terutama PBB pada Tahun 2019 mencapai 74.46 persen.

“Pengajuan pembangunan di Kelurahan Yosorejo tahun 2020 berupa Rehab Gedung Kantor Kelurahan Yosorejo, Rehab Gedung Kantor PKK Yosorejo, Pelebaran Jalan dengan Cor Rabat Beton dan Hotmix di Jl. Seminung RT.07 RW.02, Pelebaran Cor Rabat Beton dan Hotmix di Jl Mahakam, serta rehap Rumah Pintar Yosorejo,” ujar Hendri.(rl)

LEAVE A REPLY