Polres dan Bawaslu Metro Bersinergi Jelang Pilwakot

0
90
Kapolres Metro, AKBP Retno Prihawati saat mengunjungi Bawaslu setempat.

Gerbang1news.com, Metro – Guna mensinergikan kinerja, Kapolres Metro AKBP Retno Prihawati S.Sos. S.IK. MH, bersama jajarannya melakukan kunjungan ke kantor Badan Pengawas pemilu (Bawaslu) setempat, Selasa (11/12/2019).

Dalam kunjungan tersebut, AKBP Retno Prihawati mengatakan, kunjungan dimaksudkan dalam rangka koordinasi dalam pengamanan menjelang Pilwakot 2002 mendatang.

“Silaturahmi, selain itu berkomunikasi dengan Bawaslu untuk bekerjasama mengenai titik kerawanan yang akan terjadi untuk kita pelajari. Kita akan mengawal dan koridor bekerja pada ranah masing – masing dan memang sudah menjadi tugas kami. Intinya kita bekerjasama dan bersinergi,” kata Kapolres.

Ditempat yang sama, Ketua Bawaslu Kota Metro, Mujib mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kunjungan Kapolres Metro.

“Saya ucapkan selamat datang kepada ibu Kapolres di Bawaslu Kota Metro Adapun jumlah staf anggota bawaslu Kota Metro sebanyak 16 orang beserta Komisioner. Saat ini kegiatan bawaslu jelang pilkada sedang melakukan proses rekrutmen anggota Panwascam dan sudah diumumkan via online. Tahap awal ada 80 orang lulus pemberkasan,” ujarnya.

Mujib menambahkan, setelah dilakukan tes secara nasional dan online pada tanggal 13 Desember 2019, kemudian pada tanggal 14 dan 15 Desember dilakukan tes wawancara oleh kami, bagi mereka yang lulus, nantinya akan dipilih 15 orang yang lulus dan perlu diketahui Kota Metro ada 5 kecamatan, nanti akan dipilih masing-masing 3 orang Panwascam disetiap kecamatan.

Ia menjelaskan ada beberapa tahapan dalam proses pilkada tentang ada titik kerawanan krusial harus diperhatikan khusus diBawaslu,

“Dari tahapan ini ada titik krusial kerawanan keamanan khusus dibawaslu adalah pada saat KPU telah menetapkan pasangan calon,karena setelah ada paslon yang diskualifikasi atau ditolak oleh KPU tiga hari kemudian mereka akan melakukan gugatan ke bawaslu.Ini berlaku bagi baik calon independen maupun dari calon parpol.Selain itu tahapan saat kampanye tiga hari,kalaupun ada paslon melakukan sengketa dengan tindakan masif sistamatis dan terstruktur maka akan ada gugatan pula ke Bawaslu.Alhamdullah di Metro masyarakat yang melakukan pelaporan pelanggaran pemilu baik administrasi maupun pidana tidak ada.Mudahan – mudahan paslon lulus semua dan tidak adanya pelanggaran,” tutup Mujib.(rd)

LEAVE A REPLY