DPRD Metro Minta Penyaluran PKH Tepat Sasaran

0
128
Ketua Komisi II DPRD Kota Metro, Fahmi Anwar./Ist

Gerbang1news.com, Metro – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro, meminta Dinas Sosial setempat melakukan verifikasi data Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH).

Harapannya, agar bantuan dari pemerintah pusat tersebut tepat sasaran dan dirasakan oleh warga yang benar-benar membutuhkan.

Ketua Komisi II DPRD Kota Metro Fahmi Anwar meminta, dinsos setempat segera memverifikasi data KPM bantuan PKH.

“Dalam program ini, Dinsos harus rutin melakukan verifikasi dan turun ke lapangan untuk memantau, untuk memastikan penyaluran bantuan tersebut tepat sasaran,” katanya, Senin (2/12/2019).

Fahmi berjanji segara berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menyelesaikan masalaha tersebut.

“Nanti kami akan bahas juga di hearing dengan dinas sosial. Bagaimana penyaluran PKH sejauh ini. Apakah sudah tepat sasaran atau belum. Kami akan berupaya memberikan solusi kepada dinsos agar penyaluran PKH benar-benar tepat sasaran,” terangnya.

Kepala Seksi (Kasi) Perlindungan Jaminan Sosial pada Dinas Sosial Kota Metro, Angga Novian Andika, mengaku rutin melakukan verifikasi data PKM-PKH.

“Verifikasi data dilakukan setiap bulan. Tim PKH di kelurahan memberikan laporan secara rutin dan bertahap,” ujarnya.

Namun begitu, pihaknya berjanji akan melakukan peninjauan terkait penerima bantuan PKH di Kota Metro.

“Pengecekan penerima PKH bisa dilakukan dari nomor induk Kependudukan (NIK). Jika NIK nya masuk di KPM sudah pasti ada di DBT,” katanya.(rl)

LEAVE A REPLY