Warga Tampang Muda Keluhkan Pungutan Dana Lampu Listrik tenaga Surya

0
134
/Ist

Gerbang1news.com, Tanggamus – Warga di Pekon Tampang Muda Kabupaten Tanggamus, mengeluhkan pungutan dana sebesar Rp 150 ribu dengan alasan biaya lampu listrik tenaga surya.

Padahal, Program Nawacita yang di gulirkan pemerintah pusat melalui Kementrian Energi Sumber daya dan Mineral dengan merealisasikan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi tahun 2019 kepada masyarakat diberikan secara Cuma cuma alias gratis.

Keluhan tersebut disampaikan beberapa warga Pekon Tampang Muda kepada Sumarkah, anggota Tim Investigasi LIPAN Kabupaten Tanggamus, dimana pungutan tersebut dilakukan oleh Kadus dan RT yang di perintah oleh Kepala Pekon dengan kisaran dana Rp 150 ribu.

“Masyarakat Pekon Tampang Muda berharap uang tersebut di kembalikan, karena jelas ini murni hibah dari pemerintah. Kami, Lembaga LIPAN untuk menjembatani dan mempertanyakan langsung kepada kepala Pekon Tampang Muda bapak Sawah,” katanya, Senin (21/10/2019).

Dasar Pengaduan Masyarakat, lanjutnya, Tim Investigasi LIPAN mengaku langsung melakukan control sosial ke Kepala pekon setempat.

“Karena ini benar salah maka kami siap mengembalikan ke masyarakat dan dalam seminggu kami siap,” ujarnya menurunkan Kakon tersebut.

Janji pengembalian penarikan dana dari warga tersebut dibuktikan dengan rembuk Pekon di Balai Pekon Tampang Muda pada pukul 16.00 Wib yang dihadiri oleh perwakilan masyarakat dan lembaga dan Aparatur Pekon yaitu Kaur Kadus dan RT (14/10). Dari hasil musyawarah tersebut juga dilampirkan surat pernyataan dari kepala Pekon yang isinya siap memulangkan uang tersebut kepada masyarakat yang diminta Pungutan.

“Atas kejadian yang ada di Pekon Tampang Muda ini di indikasi ada beberapa Pekon yang sama meminta pungutan tersebut dan kami segera menurunkan Tim investigasi karena masyarakat penerima manfaat ada yang mendapatkan bantuan tersebut satu Unit Lampu Listrik tenaga surya hemat energi untuk dua rumah dimana bantuan tersebut diminta sejumlah uang dan adanya keterlibatan dari oknum Kakon,” imbuhnya.(Ir)

LEAVE A REPLY