Kemunculan Buaya Gegerkan Warga di Tanggamus

0
146
Ilustrasi./Ist

Gerbang1news.com, Tanggamus – Warga di pekon Banjarsari dan pekon Sudimoro, di gegerkan kemunculan seekor buaya disekitaran sungai setempat.

Warga Pekon Banjarsari dan Pekon Sudimoro pada pukul 17 .50 WIB diterkam buaya saat mandi dan mencuci di Sungai Semaka, Kecamatan Semaka, dan Kecamatan Wonosobo, Kab. Tanggamus, Lampung. Sabtu (19/10/2019) lalu.

Dua korban tersebut adalah Muhajir (60), warga Banjar, Kecamatan Wonosobo, Tanggamus, dan Muhammad Kiflan (9), warga Sudimoro Kecamatan Semaka, Tanggamus.

Awal kejadian saat Muhajir hendak mandi di sungai sepulang dari sawah. Namun secara mengejutkan kaki Muhajir digigit buaya sepanjang 2,5 meter. Beruntung gigitan buaya dapat terlepas sehingga ia lolos dari maut dan pulang dibantu warga sekitar. Muhajir mengalami luka serius di bagian kaki sebelum dan dibawa ke Puskemas setempat untuk mendapat perawatan intensif.

Satu korban lagi, Muhammad Kiflan, diserang buaya saat sedang membantu ibunya mencuci. Akibat gigitan buaya, bocah 9 tahun ini mendapat 20 jahitan di kaki kanannya.

“Atas kejadian ini masyarakat merasa trauma dan takut beraktivitas di sungai, seperti mandi, mencuci, mencari ikan, dan menambang pasir,” kata Supariyati orang tua korban.

Setahun terakhir, buaya sering muncul di sungai Semaka yang melintas perkampungan padat penduduk. Diduga ini disebabkan ekosistem buaya di Muara Sungai Semaka rusak akibat penambangan pasir. Warga berharap pemerintah Tanggamus dapat mengecek dan mengantisipasi masalah ini agar tidak ada jatuh korban.(Ir)

LEAVE A REPLY