DPRD Metro Buka Suara Soal Pabrik Nata De Coco

0
146
Anggota DPRD Metro, Amrulloh SH. M.H.

Gerbang1news.com, Metro – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro, buka suara terkait pabrik Nata De Coco yang diduga menggunakan bahan kimia berbahaya dalam pengolahan produksinya.

Anggota DPRD Kota Metro, Amrulloh SH. MH, mengatakan, seluruh instansi terkait harus turun dan melakukan cek fisik pada pabrik pembuatan mata de cocok tersebut.

“Dalam hal ini fungsi pengawasan dan UUD perlindungan konsumen. Pengawasan pemerintah dari dinas terkait, karena jika benar seperti itu, kaitannya ini merugikan kesehatan bagi masyarakat seharusnya dinas kesehatan ikut mengawasi. Karena ini ada pidananya, karena pemerintah seperti dinas terkait memberikan pembinaan.Dan juga seharusnya dinas kesehatan dapat memberikan penjelasan kepada awak media apa hasil kunjungan tim,” kata Amrulloh, Jumat (25/10/2019)

Amrulloh meminta Dinas kesehatan Kota Metro harus tegas didalam memberikan rekomendasi/izin.

“Pabrik nata de coco ini home industri, PIRT ada kaitannya dengan Dinas Kesehatan, halal menurut MUI. Artinya rekomendasi itu hasil pengawasan jika ada indikasi produk itu merugikan masyarakat secara umum dan pabrik itu berlokasi di Kota Metro ,Dinas kesehatan seharusnya lebih tegas memberikan rekomedasi/izin. Seperti dilihat dari syarat komposisi,standar kesehatannya pabrik,bahan yang digunakan,proses pengolahan,” jelasnya.

Ditambahkan Amrullah, pengelola pabrik tersebut juga harus melengkapi administrasi perizinan sebagai home industri. Mengingat, hasil yang di produksi pabrik tersebut dikonfirmasi oleh masyarakat secara umum.

“Mereka harus ada izin di pelayanan satu atap yang persyaratan harus dilengkapi, ada pula izin gangguan dari sekitar, lingkungan hidup ketika dia ada limbah/ipal dia harus ada dokumen UPL dan UKL. Intinya, jika suatu produk makanan terbukti merugikan kesehatan bagi orang banyak, berdampak terhadap kesehatan itu ada UUD Konsumen dan ada sanski pidana dan UUD Kesehatan. Jadi Dinas Kesehatan harus bertindak,” tegasnya.(Adv)

LEAVE A REPLY