Bupati Waykanan Hadiri Peringatan Hari Santri Nasional

0
157
Bupati Waykanan Raden Adipati Surya, memberikan piala kepada Santri berprestasi./Fikri

Gerbang1news.com, Waykanan – Mengenakan seragam kemeja Putih berjas hitam, dibalut dengan bawahan sarung Ala Santri Nadhatul Ulama, Bupati Waykanan Raden Adipati Surya memimpin Upacara Hari Santri Tingkat Kabupaten Way kanan tahun 2019, di Kampung Bumi Baru Kecamatan Blambangan Umpu, Selasa (22/10/2019).

Raden Adipati Surya mengatakan peringatan hari santri berdasarkan keputusan Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktobersebagai Hari Santri.

“Penetapan tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” kata Adipati.

Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 Nopember 1945 yang diperingati sebagai Hari Pahlawan.

“Sejak Hari Santri ditetapkan pada tahun 2015, kita selalu menyelenggarakan peringatan setiap tahunnya dengan tema yang berbeda. Secara berurutan pada tahun 2016 mengusung tema Dari Pesantren untuk Indonesia, tahun 2017 “Wajah Pesantren Wajah Indonesia, dan tahun 2018 Bersama Santri Damailah Negeri,” tambahnya.

Meneruskan tema tahun 2018, peringatan Hari Santri 2019 mengusung tema “Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia”.

Adipati juga menceritakan peran besar kalangan santri dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Karena itu, tak mengherankan, dalam perjalanan bangsa hingga kini, banyak kalangan santri yang telah tampil sebagai pemimpin pemerintahan.

Sementara Abdullah Chandra Kurniawan Selaku Kepala Kampung Bumi Baru tempat pelaksanaan kegiatan Pelaksanaan HSN 2019 Kabupaten Way Kanan menyebutkan, sebelum pelaksaan puncak upacara telah dilakukan berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan HSN 2019.

Kegiatan yang digelar diantara nya perkemahan yang diikuti oleh para santri dari ponpes way kanan.

Berbagai jenis perlombaan juga di gelar diantaranya Lomba Hadroh, Lomba Tahfidz, Lomba Tilawah, Lomba Mars Hari Santri, Lomba Mars Syubhanul Wathon dan Lomba Syarhil Qur’an.

“Selain diisi dengan perlombaan yang diikuti ratusan Santri, Kegiatan tersebut juga diisi dengan Kegiatan sosial seperti Donor darah, Pemeriksaan Kesehatan Gratis. Selanjutnya ada juga pelayanan dari Dinas Dukcapil untuk Pembuatan Akta Lahir, KIA, KTP da KK secara gratis,” ujar Kakam Bumi Baru.(Fik)

LEAVE A REPLY