Ruko di Pasar Kota Bumi Terbakar

0
191
Kebakaran komplek Ruko di Pasar Kota Bumi Lampung Utara./Firman Sodri

Lampung Utara GL – Sebuah Rumah Toko (Ruko) di Pasar Kota Bumi Lampung Utara, terbakar pada Minggu (22/9/2019) pagi.

Pedagang dipasar setempat, Wiwik mengatakan, api tiba-tiba membesar dari sebuah toko yang tak jauh dari tempatnya berdagang.

”Kejadian terjadi sekitar jam 5.30 pagi, saat jam 05.00 pagi saya ngambil termos nasi di warung yang ketinggalan dan belum ada kejadian apa-apa, tidak lama setelah itu ada yang memanggil saya bahwa warung kebakaran kemudian saya berlari dan melihat api keluar dari lobang warung bakso yang berada di samping warung saya,” ujarnya

“Saat saya akan mengambil termos nasi di rumah, ada yang memberitahu jika ruko di sebelah warungnya terbakar, saya langsung menuju warung,” kata Wiwik.

Kemudian, Wiwik langsung mematikan arus listrik dan mengeluarkan seluruh isi barang di dalam warungnya, terutama kompor gas. Ia menghubungi para pemilik warung yang ada di sekitarnya untuk segera datang.

“Ketika sedang menelepon, saya dengar bunyi meledak. Api langsung membesar dan merambat membakar ruko yang letaknya di belakang. Warga kemudian menghubungi petugas pemadam kebakaran,” pungkasnya.

Anggota pemadam kebakaran dibantu anggota kepolisian dan warga berupaya memadamkan api. Berselang 2,5 jam, jilatan api akhirnya berhasil dipadamkan. BPBD Lampung Utara mengerahkan 2 unit mobil pemadam kebakaran, dibantu water cannon milik Polres Lampung Utara.

“Alhamdulillah, situasi sudah bisa dikuasai, api sudah padam, sekitar 2,5 jam proses pemadaman api tadi,” kata Wakapolres Lampung Utara, Kompol Zulkarnain.

Zulkarnain mengatakan, Polres menerima laporan telah terjadi kebakaran pukul 05.00 WIB. Satu ruko tiga pintu dengan berisi bahan pokok dan mainan anak-anak, serta sebuah warung bakso habis dilalap si jago merah.

“Untuk sementara, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini tapi kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah,” kata dia.

Polres setempat langsung berkoordinasi dengan menghubungi pihak PLN dan pemerintah kabupaten terkait peristiwa kebakaran tersebut.

“Dugaan sementara, api berasal dari kompor warung bakso sebelah ruko tersebut. Karena biasanya kalau subuh mereka memanaskan peralatan mereka,” jelasnya.(Man/Zak)

LEAVE A REPLY