Melalui Dana Desa, Desa Jangkrang Komitmen Tingkatkan SDM

0
242
Kantor Desa Jangkrang Kecamatan Kota Bumi Selatan.

Gerbang1news.com, Lampung Utara – Aparatur Desa Jerangkang Kecamatan Kota Bumi Kabupaten Lampung Utara, memanfaatkan dana desa (DD) untuk peningkatan sarana fasilitas desa sebagai penunjang sumber daya manusia (SDM).

Kepala Desa Jerangkang Drs. Sapruddin mengatakan, pembangunan infrastruktur DD untuk pemerataan pembangunan di desanya sebagai penunjang perekonomian warga.

“Rencana dan pelaksanaannya melalui rembuk Desa yang melibatkan masyarakat. Jadi pembangunan yang bersumber dari dana desa ini sesuai dengan saran dan permintaan masyarakat,” ujarnya, Kamis (18/7/2019).

Dalam pelaksanaannya, lanjut Sapruddin, dana desa direalisasikan untuk pembangunan Sumur Bor, Drenase, lapangan sarana olah raga bulu tangkis, pembuatan atap taman bermain pendidikan anak usia dini (PAUD), Pagar keliling Gedung Serba Guna (GSG) Kantor desa.

“Saya ingin untuk program selanjutnya, pemeritah dapat meningkatkan mutu dalam pendidikan usia dini (PAUD). Dengan usulan meningkatkan oprasional guna untuk pendidikan warga desa.

Proses pembangunan Drainase di Desa Jangkrang yang bersumber dari dana desa (DD).

Pihaknya mengaku telah mengusulkan program peningkatan perekonomian warga kepada pemerintah kabupaten setempat.

“Saya telah mengajukan pembuatan waduk(kolam), niat saya guna waduk tersebut untuk pemerdayaan warga desa saya dengan di isi bibit ikan. Program bukan hanya pembangunan saja, melainkan peningkatan SDM juga masuk dalam target program kerja,” katanya.

Camat Kota Bumi Selatan, Sari Husin SE, juga turut berpartisipasi dalam pelaksanaan program dana desa diwilayahnya.

“Program pemeritah sangat di pacu demi pembangunan desa, kita sebagai jajaran pemerintah tetap harus memberi semangat kerja kepada masarakat agar pelaksanaannya sesuai keinginan kita semua,” tambahnya.

Ia berpesan kepada masarakat untuk rutin melakukan jum’at bersih, dan tetap menjaga kenyamanan dan keamanan dilingkungan masing-masing.

“Saya mengajak warga disini untuk bersama-sama bersatu dan saling tenggang rasa, saling membantu dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman. Terlebih, kita di bantu jajaran aparat keamanan seperti Babinsa dan Bhatimkamtibnas guna menjaga keamanan dan kenyamanan,” pintanya.

Masyarakat setempat, Reza mengatakan program pembangunan desa sangat membantu dan meyampaikan terimakasi kepada pemerintah Lampung Utara.

“Pembangunan infrastruktur di desa kami semakin bagus dan merata. Saya berharap warga desa agar menjaga dan merawat apa yg sudah di bangun oleh pemerintah.
Terimakasi kepada pemerintah desa dan kecamatan yang telah membangun desa kami,” ujar warga setempat.(Adv)

LEAVE A REPLY