Gegara Bajak Sawah, Dua Pemuda Diciduk Polisi

0
172
Polsek Dente Teladas meringkus dua pelaku Curat (dua ditengah)./Nurwan

Gerbang1news.com, Tulang Bawang – Dua orang pemuda berinisial DR (26) dan BU (18), diringkus anggota Kepolisian Sektor (Polsek) Dente Teladas lantaran diduga melakukan Curat (pencurian dengan pemberatan).

Kapolsek Dente Teladas AKP Rohmadi, SH mengungkapkan, kedua pelaku ditangkap hari Minggu (28/7/2019) lalu, sekira pukul 24.00 WIB, di sebuah warung tuak yang berada di Kampung Pasiran Jaya, Kecamatan Dente Teladas.

“DR ini berprofesi buruh, warga Desa Subang Jaya, Kecamatan Bandar Surabaya, Kabupaten Lampung Tengah dan BU juga berprofesi buruh, warga Kampung Pasiran Jaya, Kecamatan Dente Teladas, Kabupaten Tulang Bawang,” ujar Kapolsek mewakili Kapolres Tulang Bawang AKBP Syaiful Wahyudi, SIK, MH, Senin (29/7/2019).

Penangkapan terhadap para pelaku, berdasarkan laporan dari korban Heriyanto (49), berprofesi tani, warga Kampung Pasiran Jaya. Tertuang dalam Laporan Polisi Nomor : LP / 86 / VII / 2019 / Polda Lpg / Res Tuba / Sek Dente Teladas, tanggal 09 Juli 2019. Kerugian mesin bajak sawah merk Kubota yang ditaksir seharga Rp. 28 Juta.

Aksi kejahatan yang dilakukan oleh pelaku DR dan BU bersama E yang sekarang masuk DPO (daftar pencarian orang) terjadi hari Senin (08/07/2019), sekira pukul 07.00 WIB, di areal persawahan.

Korban baru mengetahui kejadian tersebut, sekira pukul 08.00 WIB, saat tiba di sawah miliknya dan melihat mesin bajak merk Kubota warna merah telah hilang. Korban berusaha mencari mesin tersebut tetapi tidak berhasil menemukannya, hingga akhirnya korban melaporkan kejadian yang dialaminya ke Mapolsek Dente Teladas.

“Berbekal laporan dari korban, petugas kami terus melakukan penyelidikan untuk mencari siapa pelakunya. Berkat keulaten dan kegigihan petugas di lapangan, akhirnya dua dari tiga pelaku berhasil ditangkap serta berhasil disita BB (barang bukti) berupa mesin bajak merk Kubota warna merah,” ungkap AKP Rohmadi.

Saat ini para pelaku masih dilakukan pemeriksaan secara intensif di Mapolsek Dente Teladas dan akan dijerat dengan Pasal 363 ayat 1 ke-4 KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan. Diancam dengan pidana penjara paling lama 7 tahun.(Wan)

LEAVE A REPLY