Warga di Kelurahan Sri Basuki Rasakan Anugerah Jelang Ramadan

0
202
Warga di Kelurahan Sri Basuki Kecamatan Kota Bumi, Lampung Utara, menyediakan keperluan peziarah makam./Heri

Gerbang1news.com – Warga di Kelurahan Sri Basuki Kecamatan Kota Bumi, Lampung Utara, merasakan nikmatnya berkah bulan Ramadan 1440 M tahun 2019 ini. Tradisi Ziarah makam yang setiap tahun rutin dilakukan. Membawa rezeki untuk warga yang berdagang disekitaran makam setempat.

Jamian, warga setempat mengatakan, pengunjung makam yang berziarah tidak perlu repot mencari keperluan untuk berziarah. Karena warga setempat telah menyediakan keperluan Ziarah seperti, bunga, air dan jasa pembersih makam.

“Kalau saya terserah mereka mau memberi berapa saja, pasti saya terima. Karena niat saya hanya membantu membersihkan makam. Soal upah, hanya allah yang akan membalasnya, karena pahala lebih besar artinya dari pada uang,” ucapnya, Minggu (5/5/2019).

Juniah, warga setempat yang berdagang kembang dan makanan ringan juga mengatakan, setiap musim Ziarah, warga setempat selalu menyediakan jasa dan keperluan berziarah. Sehingga pengunjung yang ingin berziarah tidak perlu repot mencari keperluan Ziarah karena warga sudah menyiapkan disekitaran makam.

“Biasanya saat jelang bulan puasa dan lebaran, pengunjung makam ramai mas, bisa ratusan bahkan ribuan warga yang berjiarah di pemakaman ini. Allhamdullah, dari berdagang ini kami merasa terbantu dan menguntungkan. Lumayan buat kebutuhan jelang puasa ini,” ungkapnya.

Harga yang ditawarkan oleh warga setempat pun tidak terlalu mahal, bahkan, warga setempat mengaku ikhlas membantu pengunjung berziarah ke makam setempat.

“Kami menjual kembang ini hanya Rp 5000 perbungkusnya. Sedangkan untuk jasa layanan kebersihan makam, kami tidak memaksa harganya, terserah keihklasan pengguna jasanya. Yang penting suka dan ikhlas,” tambahnya.

Kehadiran warga sekitar yang berdagang dan memberikan jasa layanan kebersihan di area pemakaman di rasakan para pengunjung makam turut membantu.

Warisyanto seorang pengunjung makam asal Bandar Lampung, mengaku terbantu dengan jasa yang disediakan warga setempat.

“Kami senang dengan warga sekitar pemakaman ini. Adanya mereka turut membantu kami peziarah dari luar kota dan merekapun tidak memaksa dalam menawarkan bantuan jasa kebersihan kepada semua pengunjung makam. Mereka benar-benar ikhlas dalam membantu,” katanya.(Her/Din)

LEAVE A REPLY