Manfaatkan DD, Desa Kubu Hitu Menuju Perubahan Nyata untuk Lampura

0
246
Pembangunan jalan Onderlagh Desa Kubu Hitu yang bersumber dari Dana Desa./Adv

Gerbang1news.com – Program Dana Desa (DD) yang diberikan pemerintah pusat, melalui pemerintah daerah tidak di sia-sia kan oleh perangkat Desa Kubu Hitu Kecamatan Sungkai Barat Kabupaten Lampung Utara (Lampura).

Pemanfaatan Dana Desa tahun anggaran 2019 di desa setempat diprioritaskan oleh Kepala Desa Kubu Hitu, Pera Saputra, guna pembangunan dan peningkatan infrastruktur sebagai penunjang peningkatan perekonomian masyarakatnya.

Sebagai awal tahapan, melalui rembug warga, di sepakat bersama pemanfaatan dana desa untuk pembangunan dan peningkatan sarana prasarana desa seperti peningkatan jalan dan infrastruktur lainnya yang di butuhkan masyarakat desa Kubu Hitu.

Pera Saputra, Kepala Desa Kubu Hitu Kecamatan Sungkai Barat./Adv

“Alokasi dana desa ditempat kami untuk kelanjutan pembangunan infrastruktur Desa. Tujuannya agar Desa kamu berkembang dan sarana prasarana desa menunjang peningkatan perekonomian warga,” ujar Pera Saputra, Kamis (16/5/2019).

Dalam penerapannya, ia mengikuti sertakan masyarakatnya untuk ikut aktif berperan baik sebagai pekerja maupun sebagai fungsi kontrol untuk pembangunan desanya.

“Pengelolaan dan pemanfaatan Dana Desa sepatutnya dikelola secara transparan, baik untuk infrastruktur atau kegiatan lainnya harus di ketehui masyarakat semua,” katanya.

Dia menjelaskan, pada tahun 2019 anggaran Dana Desa di manfaatkan untuk pembangunan Gedung Balai adat Keratun dengan ukuran 6×12 meter. Selain itu peningkatan sarana jalan Onderlagh dengan volume 190 meter dengan lebar 3 meter dan penambahan material jalan Onderlagh yang ada dengan volume 2,5×451 meter guna klancaran transportasi perekonomian desa Kubu Hitu.

“Semoga pembangunan melalui dana desa di Desa kami ini bermanfaat untuk penunjang peningkatan perekonomian warga disini,” harapnya.

Program Dana Desa di Desa Kubu Batu juga di Alokasikan pada pembangunan jalan Onderlagh./Adv

Sementara, Mulkan, Tokoh Masyarakat desa setempat mengatakan, pembangunan infrastruktur yang berasal dari dana desa diwilayahnya sangat dirasakan oleh masyarakat setempat.

“Allhamdullilah, berkat adanya dana desa dan kepemimpinan kepala desa yang mengayomi, kami bangga dan merasakan hasil yang di capai dalam pembangunan. Seperti pembangunan jalan, tentunya memacu dan membangkitkan perekonomian warga yang sebagia besar adalah petani. Saya juga berharap masyarakat dapat menjaga dan merawat hasil yang telah di capai bersama ini. Mari bersama menjadikan Dana Desa sebagi pemacu roda ekonomi kita untuk mencapai masyarakat sejahtera,” tambahnya.(Adv)

LEAVE A REPLY