Dewan Minta Alokasi Dana Kelurahan Prioritaskan Usulan Masyarakat

0
192
Kantor DPRD Kota Metro./Adv

Gerbang1news.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro, meminta kelurahan yang mendapatkan dana kelurahan memprioritaskan kepentingan dan peningkatan perekonomian masyarakat.

Dikatakan Ketua Komisi I DPRD Kota Metro, Basuki, Kelurahan yang mendapatkan dana tersebut harus bisa memanfaatkannya sesuai keinginan masyarakat.

“Seperti kelurahan yang ada di Kecamatan Metro Timur. Kami berharap, semua skala prioritas yang diusulkan masyarakat itu terealisasi. Salah satunya melalui anggaran kelurahan ini,” ujarnya, Rabu (24/4/2019).

Diungkapkan Basuki, tahun 2019 ini. Sejumlah kelurahan menerima alokasi dana kelurahan sekitar Rp 352 juta.

“Seperti misalnya anggaran kecamatan Rp 5,8 miliar, pembangunan infrastruktur Rp 10 Miliar, sosial budaya Rp 2 Miliar, dan ekonomi Rp 5 Miliar. Jadi total Rp 23 Miliar,” katanya.

Dijelaskan Basuki, sesuai Permendagri Nomor 130, pengelolaan anggaran jangan sampai ada kesalahan dan digunakan tidak sesuai aspirasi masyarakat.

Dia menyarankan, anggaran kelurahan bisa terserap dengan baik. Terutama untuk peningkatan perekonomian UKM perikanan atau peternakan. Karena ada bantuan modal dan pengurusan izin untuk omzet di bawah Rp 50 juta bisa di tingkat Kecamatan.

Ia menambahkan, pihaknya juga telah mengusulkan sejumlah pembangunan gorong-gorong di Jalan ABRI dan Palaraya. Pun demikian perbaikan dan perawatan jalan di sejumlah titik.

“Dengan adanya dana kelurahan ini. Semoga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Metro,” harapnya.(adv)

LEAVE A REPLY