Sekda Minta Dinkes Metro Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

0
233
Sekda Kota Metro Nasir AT, memberikan sambutan di acara Rapat Kerja Kesehatan Daerah Dinas Kesehatan setempat./Ist

Gerbang1news.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Metro, Nasir AT, meminta Dinas Kesehatan setempat untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Ditengah meningkatnya penyebaran fasilitas pelayanan kesehatan, bertambahnya jumlah dan kompetensi tenaga kesehatan serta distribusi obat yang terus diperbaiki. Ayo, tingkatkan kinerja pelayanan kesahatan kepada masyarakat,” kata Nasir, mewakili Walikota Metro Achmad Pairin saat menghadiri Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kota Metro, Kamis (25/4/2019).

Menurutnya, saat ini bidang kesehatan masih menghadapi tantangan pembangunan kesehatan diantaranya terkait kasus kematian ibu, kasus kematian bayi, prevalensi gizi kurang dan stunting, beberapa penyakit menular dan penyakit tidak menular tertentu.

“Disamping itu beberapa faktor determinan sosial juga belum dapat kita selesaikan semuanya seperti penyedian air bersih, sanitasi rumah tangga, ketahanan pangan, akses informasi dan pendidikan khususnya bagi perempuan, perilaku masyarakat terkait merokok, pola makan dan pola konsumsi,” paparnya.

Nasir juga menambahkan, pemerintah telah menerbitkan berbagai regulasi yang memungkinkan daerah melakukan inovasi dan mendorong peran serta masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat guna mencapai standar pelayanan yang disyaratkan dalam penyelenggaraan di era desentralisasi dan otonomi daerah.

“Saat ini kita berada pada tahap dimana akses terhadap pelayanan kesehatan berkualitas mulai berkembang dan meningkat, masyarakat harus turut terlibat dan turut memanfaatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas,” ujarnya.

Nasir berharap kepada publik lintas sektoral, pihak swasta dan masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap pembangunan berwawasan kesehatan dan terus bersama-sama membangun Kota Metro sebagai kota sehat.(rl/rd)

LEAVE A REPLY