Pemkab Lambar Paparkan Teknis Pengadaan Barang dan Jasa Swakelola

0
221
Kegiatan Bimbingan Teknis Pengadaan Barang dan Jasa melalui Swakelola Pemerintah Kabupaten Lampung Barat 2019./Riki Saputra

Gerbang1news.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat (Lambar) melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa melakukan Bimbingan Teknis Pengadaan Barang dan Jasa melalui Swakelola Kabupaten Lampung Barat 2019 di Aula Kagungan, Pemkab setempat, Kamis (25/4/2019).

Asissten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir. Sudarto M, MM, mengatakan, proses pengadaan barang dan jasa mempunyai peran yang sangat penting dan strategis. Mengingat, program/kegiatan yang akan dilaksanakan oleh OPD baik berupa konstruksi, jasa konsultansi dan jasa lainnya serta pengadaan barang belum bisa dilaksanakan sebelum terlebih dahulu dilakukan proses pengadaan barang dan jasa.

Dijelaskannya, Pengadaan Barang Jasa (PBJ) tersebut terdapat suatu metode pengadaan yaitu pengadaan barang jasa secara swakelola, dimana seluruh proses pengadaannya baik perencanaan, pelaksanaan dan pengawasannya dilakukan sendiri oleh penyelenggara kegiatan.

“Tetapi untuk diketahui pula bahwa terdapat beberapa tipe pengadaan secara swakelola dan oleh sebab itu perlu adanya pemahaman yang benar didalam pelaksanaanya supaya tidak ada kesalahan prosedur untuk kedepannya,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Pemkab Lambar, Ir Hotmuda Simarmata, MP mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut bukan hanya sekedar mendapatkan penyedia barang jasa akan tetapi secara lebih luas untuk mendapat barang jasa yang tepat dan barang jasa diukur dari kriteria, kualitas. Sehingga dapat memberikan pemenuhan nilai manfaat yang sebesar besarnya.

“Dengan diterbitkannya Perpres Nomor 16 Tahun 2018 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah dan LKPP Nomo 8 Tahun 2018 tentang pengadaan Swakelola barang jasa terdapat perubahan mendasar tentang tugas, kewenangan, dan aturan teknis, terakhir untuk mewujudkan kesamaan pemahaman di lingkungan OPD,” jelasnya.

Sementara, peserta dalam kegiatan tersebut terdiri dari Pejabat pembuat komitmen, pejabat pengadaan, pokja pengadaan barang dan jasa. Dan Narasumber berasal dari LKPP Jakarta Suratmo, SIP, MM.(Rki)

LEAVE A REPLY