Gelar Julukan “Desa Juara”, Pesawaran Jadi Daerah Percontohan se-Nasional

0
329
Kunjungan Dinas PP dan KB Pemkot Cirebon di Kabupaten Pesawaran./Adi

Gerbang1news.com – Mendapat gelar julukan “Desa Juara” dalam lomba Kesrak-PKK-KKBPK-Kesehatan tingkat Nasional. Kabupaten Pesawaran menjadi pusat percontohan daerah lain dalam berbagai kegiatan. Salah satunya seperti kunjungan rombongan Dinas PP dan KB Pemerintahan Kota Cirebon, Jumat (5/4/2019) lalu.

Dalam kunjungan yang disambut langsung oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesrak bersama Ketua PKK Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi di Desa Bogorejo, Kabupaten setempat.

Dalam sambutannya, Asisten Bidang Pemerintahan, Drs. Syukur, mewakili Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona, menyampaikan, selamat datang di Kabupaten Pesawaran Bumi Andan, atas nama masyarakat terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dinas PP dan KB Pemkot Cirebon.

“Program KKBPK memiliki makna dan peran strategis dalam menjadikan keluarga-keluarga unit terkecil yang ada di Kabupaten Pesawaran. Dimana tempat dimulainya revolusi mental. Keluarga merupakan wahana utama dalam membentuk generasi pemuda penerus bangsa yang berkarakter.’ujar Drs. Syukur.

Program ini, lanjut Syukur, dilaksanakan secara terpadu dan bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan, baik di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa yang berkontribusi positif dalam mewujudkan Kabupaten Pesawaran yang maju, makmur dan sejahtera.

“Saya berharap nanti Desa Bogorejo akan memperoleh predikat juara sesuai dengan yang diharapkan,” harapnya.

Sementara itu, Kadis PP dan KB Pemkot Cirebon, Drs. Hj Deane Dewi Ratih, mengaku merasa berbangga hati bisa menjalin silahturahmi bersama Pemkab Pesawaran.

“Selain menjalin silahturahmi, kami juga bisa menimba ilmu dari para pejuang KB Pesawaran, serta belajar tentang kiat-kiat dan trik agar kota kami masuk dan lomba tingkat nasional dan meraih juara, seperti kabupaten pesawaran,” ungkapnya.

Lebih jauh Deane mengungkapkan, dipilihnya Kabupaten Pesawaran, karena kabupaten setempat, sangat menonjol dalam program pelaksanaan dan penerapan ‘Kampung KB” sehingga mendapat julukan sebagai “Desa Juara” karena desa-desanya banyak mengukir prestasi.

“Itulah yang mendasari kami untuk belajar dan menggali program Kampung KB yang diterapkan di Kabupaten Pesawaran. Memang ada beberapa hal yang sudah kami gali dan akan diterapkan di Kota Cirebon,” tandasnya.

Diketahui, pada tahun 2017 yang lalu Desa Prestasi Desa terbaik Nasional diraih oleh Desa Gunung Rejo Kecamatan Way Ratai. Tahun 2018 kembali penghargaan di raih oleh Desa Mulyosari Kecamatan Way Ratai dan Desa Hanura Kecamatan Teluk Pandan. Dan tahun 2019 ini Kabupaten Pesawaran kembali menjadi nominator sebagai Kabupaten yang mempunyai desa terbaik dalam ajang nasional, lomba Kesrak-PKK-KKBPK-Kesehatan tingkat nasional. Tepatnya di Desa Bogorejo Kecamatan Gedongtataan. (Adi)

LEAVE A REPLY