Lampung Utara Diterjang Banjir

0
433
BPBD Lampung Utara dan relawan PMI melakukan evakuasi terhadap korban Banjir./Heri

Gerbang1news.com – Sebagian wilayah di Lampung Utara, tepatnya di Kecamatan Kotabumi, Kotabumi Selatan Kotabumi Utara, Sungkai Selatan dan Abung Timur, terendam Banjir, Minggu (17/2/2019).

Dari lima kecamatan tersebut, beberapa kelurahan yang ada di Kotabumi, Kotabumi Udik, Kotabumi Pasar, Kota Alam dan Kelurahan Cempaka, banjir dan ketinggian air mencapai 1 meter.

Akibat kejadian tersebut, ratusan rumah warga dan fasilaitas umum lainnya terendam banjir. Bahkan kebiasaan an perekonomian diwilayah tersebut nyaris lumpuh akibat banjir.

Banjir tersebut merupakan luapan Sungai Way Abung yang tidak mampu menampung deras ya air hujan yang turun disekitaran Kabupaten setempat.

Akibat kejadian tersebut, sejumlah warga terpaksa mengungsi di kediaman kerabat nya yang tak jauh dari lokasi banjir.

Diungkapkan Somad, warga Pasar Lama, air mulai naik dan memasuki pemukiman warga sekitar sekitar pukul 2.30 WIB dini hari.

“Saya kaget karena tidak menyangka air tiba tiba naik sudah masuk ke dapur rumah sedalam 50 cm. Padahal hujan tidak terlalu deras,” ucapnya.

Fasilitas belajar mengajar di evakuasi agar tidak terendam banjir./Heri

Camat Kotabumi Kota Nuzum Masyarakat, bersama tim reaksi cepat BPBD Lampung Utara dan relawan PMI tampak bahu membahu melakukan evakuasi di kelurahan Kotabumi Pasar.

“Bencana banjir terjadi di beberapa kecamatan yang ada. Dari beberapa kelurahan yang terdampak banjir, ratusan rumah warga diperkirakan terendam banjir,” ungkapnya.

Nuzum juga mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan dan akan melaporkan kepada pemerintah daerah untuk segera memberikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir di wilayahnya.

“Kami masih mendata korban banjir, untuk dilaporkan ke Pemkab untuk ditindaklanjuti,” tambahnya.

Dirinya menghimbau kepada warga untuk tetap tenang dan waspada. Karena diperkirakan hujan masih akan turun dan bisa berdampak luapan air dari Sungai Way Abung.

“Jika hujan terus turun, bisa jadi dampak banjir akan lebih tinggi. Oleh karenanya, warga harus tetap waspada dan saling menjaga keselamatannya,” pintanya.(Her/Din)

LEAVE A REPLY